Test jadi Penumpang di Bus Premium Volvo B11R

Berita Otomotif

Test jadi Penumpang di Bus Premium Volvo B11R

BOGOR - Setelah peluncurannya pada tahun 2019 lalu, kali ini Volvo Buses mengajak para pelangganya untuk merasakan langsung pengalaman mengendarai bus premium Volvo B11R dari Jakarta ke Bogor.

Bus yang diklaim memiliki power paling besar di kelasnya ini, membawa para penumpangnya dari PT Wahana Inti Selaras, Indomobil Tower Jakarta, kemudian dilanjut dengan tur ke arah Sentul Lake Resort and Hotel, Bogor, Jawa Barat. 

“Tujuan utama dari acara Ride and Drive ini adalah untuk memberikan pengalaman baru kepada pelanggan kami, termasuk kesempatan untuk mengemudikan bus premium ini. Tidak hanya itu mereka juga dapat mempelajari lebih lanjut terkait keuntungan yang diberikan Volvo untuk menunjang kemajuan bisnis mereka kedepannya,” kata MR. Mats Nilsson, Direktur Volvo Buses APAC Central, Kamis (5/3/2020).

Dalam kesempatan ini, tim dari PT Indotruck Utama (ITU), selaku distributor tunggal Volvo Buses di Indonesia, memaparkan informasi baru terkait bus Volvo B11R. Salah satunya tentang peningkatan daya, kinerja, efisiensi, dan sejumlah layanan perbaikan ekstensif yang disediakan oleh ITU.

“Ini adalah kesempatan bagus untuk pelanggan kita agar dapat merasakan bagaimana Volvo Buses beroperasi secara langsung. Pelanggan juga dapat merasakan kenyamanan dan kemewahan Volvo Buses yang diharapkan dapat meningkatkan brand Volvo Buses di Indonesia,” ujar Bambang Prijono, President Director of PT Indotruck Utama.

PT ITU juga turut menghadirkan pelatih pengemudi professional guna memberikan informasi lebih perihal fasilitas keamanan dan kenyamanan kepada pelanggan selama berkendara menggunakan bus B11R. 

“Dalam acara ini, kami juga bekerja sama dengan salah satu pelanggan setia Volvo yaitu PT Rosalia Indah Transport, mereka memberikan Bus Volvo B11R ultra-high deck yang khusus untuk diuji coba hari ini,” tambah Bambang.

bus volvo

Menurut Hasanuddin Adnan, sebagai penumpang bus ini memiliki keunggulan di bagian suspensinya, trutama saat di jalanan yang tidak rata guncangan bus ini tidak begitu terasa.

“Suspensinya enak ya, apalagi saat di tikungan tidak begitu terasa guncangannya. Untuk joknya lumayan empuk juga, mungkin karena ini varian eksekutif kali ya, jadi joknya tebal, jarak antar kaki ke kursi bangian depannya juga tidak begitu sempit, cocoklah untuk tipe orang Indonesia yang tidak begitu tinggi,” tambah Hasanudin. 

Sebagai informasi, Bus ini memiliki panjang badan 13.5-meter yang dibuat oleh Karoseri PT Adiputro Wirasejati, dengan dilengkapi beberapa fitur unggulan antara lain konfigurasi penggerak 6X2 dengan suspensi udara, mesin diesel berkode D11A (sudah mendukung BBM B30) yang bertenaga 430 HP, dan transmisi l-Shift 12 speed dengan pengereman hydraulic retarder terintegrasi.

Sasis Volvo Buses juga hadir dengan berbagai pilihan transmisi. yaitu 12-speed I-Shift AMT Transmission yang didesain untuk operasional jarak jauh dan transportasi antar kota. Untuk tipe tertentu tersedia juga transmisi full automatic 6-speed dengan sistem pengereman hydraulic retarder terintegrasi.

Untuk harganya, sasis dari Volvo B11R ini dibandrol Rp 1,750 miliar, itu belum termasuk karoserinya. Sedangkan jika sudah jadi bus utuh harganya bisa mencapai Rp 3,5 - 3,8 miliar. [Ric/Ari]




Berita Utama


Komentar