Virus Corona Pukul Industri Otomotif, Penjualan Turun Jutaan Unit

Berita Otomotif

Virus Corona Pukul Industri Otomotif, Penjualan Turun Jutaan Unit

BEIJING – Virus Corona telah berhasil memukul industri otomotif Cina pada bulan Januari 2020.

Association of Automobile Manufacturers China menunjukkan data bahwa penjualan sepanjang Januari 2020 lebih kecil 2 juta unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Penurunan tersebut diperkirakan akan semakin besar pada bulan Februari 2020.

Besarnya dampak virus Corona ini menunjukkan bahwa masyarakat Cina saat ini sedang shock berat. Bahkan para pelaku industru percaya bahwa dampak ini akan lebih buruk ketimbang wabah SARS di tahun 2003. Ketika itu, penjualan kendaraan hanya mengalami penurunan sebesar 13% di April 2003 dan 8% di bulan Mei 2003.

Virus Corona memang datang di saat yang sangat buruk industri otomotif Cina. Ini karena penjualan kendaraan tengah menurunan selama 19 bulan terakhir dan kejadian ini semakin berpotensi untuk memburuk bila tidak ada penanganan terhadao virus tersebut.

Association of Automobile Manufacturers China juga menambahkan bahwa Virus Corona akan menggangu rantai pasokan di negara tersebut. Akibatnya, akan ada butterfly effect yang dirasakan produsen mobil di seluruh dunia.

Lusinan pabrik otomotif di Cina terpaksa menutup pabriknya beberapa waktu ini. Meski sebagian mencoba untuk membuka kembali, namun baru 59 dari 183 pabrik yang sudah mulai melakukan produksi. Jumlah tersebut tentunya masih sangat sedikit untuk membuat kondisi otomotif normal.

Di Indonesia sendiri, sejumlah brand menyampaikan hasil penjualannya sepanjang Januari 2020. Namun melihat dari data yang ada, penjualan kendaraan di Indonesia masih lebih kecil dibandingkan periode Januari 2019. Adanya bencana banjir yang melanda di awal tahun serta belum stabilnya perekonomian negara dinilai menjadi alasan terjadinya penurunan tersebut. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support