Dampak Virus Corona Serupa dengan Perang Dunia I dan II

Berita Otomotif

Dampak Virus Corona Serupa dengan Perang Dunia I dan II

JENEWA – Virus Corona yang merebak berhasil membuat Geneva Motor Show 2020 dibatalkan seperti yang terjadi saat Perang Dunia I dan II.

Padahal, ini adalah salah satu ajang pameran otomotif terbesar di dunia dan menjadi tempat untuk beragam brand menampilkan teknologi terbarunya. Namun karena virus Corona, penyelenggaraan tersebut terpaksa dibatalkan.

Sebenarnya, ini bukanlah pertama kalinya Geneva Motor Show dihentikan. Berdasarkan penelusuran kami, pameran yang sudah diselenggarakan sejak tahun 1905 ini memang telah beberapa kali gagal terlaksana.

Geneva Motor Show pertama kali tidak diselenggarakan pada tahun 1908 hingga 1922. Tidak ada informasi jelas alasan tidak diselenggarakannya pada tahun 1908, namun kemungkinan ini berhubungan dengan Perang Dunia I yang terjadi pada 1914-1918.

Kemudian pada tahun 1923, Geneva Motor Show pun kembali digulirkan pada tanggal 16-25 Maret. Geneva Motor Show pun terus dilangsungkan tanpa kendala hingga tahun 1939. Pada tahun 1940, penyelenggaraan Geneva Motor Show dihentikan.

Sama seperti tahun 1908, tidak ada alasan mengapa penyelenggaraan tersebut terhenti. Namun besar kemungkinan ini karena meletusnya Perang Dunia II yang berlangsung dari 1939-1945. Tidak mungkin memang menggelar sebuah pameran di tengah-tengah kondisi perang seperti itu.

Geneva Motor Show pun baru diselenggarakan kembali pada tahun 1947. Pada tahun tersebut, kemungkinan industri otomotif dunia mulai bergerak kembali meski di beberapa belahan bumi masih tersisa.

Setelah itu, Geneva Motor Show tidak pernah absen setiap tahunnya. Beragam brand kendaraan dari banyak negara pun menjadikan ajang ini sebagai tempat untuk memamerkan teknologi-teknologi terbaru mereka yang akan digunakan pada model-model berikutnya.

Namun, rekor tidak pernah membatalkan acara sejak 1947 tersebut akhirnya dipatahkan. Bukan oleh perang, tapi oleh virus Corona yang berasal dari Cina. Saat berita ini dibuat, sedikitnya 30 orang telah terjangkit di Swiss dan 1 orang diantaranya berhasil sembuh.

Kondisi ini membuat pihak penyelenggara terpaksa membatalkan gelaran Geneva Motor Show beberapa hari sebelum pembukaan. Keputusan tersebut dilakukan guna menghindari semakin banyaknya penularan virus Corona. Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan virus Corona. Penderita hanya diberikan obat dan vitamin untuk menghambat pertumbuhan virus agar tidak memburuk. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar