Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Dampak Virus Corona, Grand Prix F1 China 2020 Ditunda

Berita Otomotif

Dampak Virus Corona, Grand Prix F1 China 2020 Ditunda

BEIJING – Virus Corona berdampak ke semua hal, termasuk jadwal Grand Prix Formula One (F1) China tahun ini yang harus mengalami penundaan.

Juss Sports Group selaku Promotor Grand Prix F1 China telah mengajukan penundaan jadwal karena negara tersebut masih harus menangani wabah virus Corona. Pengajuan ini terjadi setelah diskusi antara mereka dengan Federation of Automobile and Motorscycle Sports of People’s Republic of China (CAMF) serta Shanghai Administration of Sports.

Sebagai informasi, virus Corona muncul di Wuhan, China pada akhir 2019 dan makin merebak ke dalam dan luar negara tersebut. Berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, per Jumat (14/2/2020) pagi ini sudah 64.291 orang di seluruh dunia terinfeksi virus dan angka kematian mencapai 1.489.

Grand Prix F1 China musim ini sendiri sebenarnya akan berlangsung beberapa bulan lagi, tepatnya pada 17 – 19 April. Organisator F1, bersama dengan Federation Internationale d’Automobile (FIA) telah menyetujui permintaan penundaan tersebut demi memastikan kesehatan dan keamanan dari semua staf, partisipan dan penggemar yang terlibat dalam balapan di Shanghai International Circuit ini.

“Grand Prix China telah dan masih menjadi bagian penting dari kalender F1 dan para penggemar di sana selalu luar biasa,” ucap penyelenggara F1 baru-baru ini.

Situasi akan terus dimonitor oleh penyelenggara F1, FIA, Juss Sports Group, CAMF dan otoritas setempat. Semua pemangku kepentingan juga sepakat mempelajari kemungkinan tanggal penyelenggaraan alternatif yang aman dan tepat.

“Kami semua menantikan tibanya balapan di China secepat mungkin dan berharap yang terbaik bagi semua pihak di negara itu di masa-masa sulit seperti sekarang,” lanjut organisator F1.

Menurut laporan dari media China, kemungkinan Grand Prix F1 China akan mundur sampai pertengahan September atau awal Oktober. Bisa jadi, mereka akan menjadi tuan rumah di antara Grand Prix Rusia pada 27 September dan Grand Prix Jepang pada 10 Oktober.

F1 musim 2020 rencananya akan dimulai pada 15 Maret nanti di Australia. China awalnya akan menjadi tuan rumah keempat, tepat setelah negara pendatang baru Vietnam. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang