Toyota Rush Dibeli Warga Majalengka dengan Uang Koin

Berita Otomotif

Toyota Rush Dibeli Warga Majalengka dengan Uang Koin

MAJALENGKA – Entah benar atau rekaan, sebuah video mengenai warga Majalengka, Jawa Barat yang membeli Toyota Rush dengan uang bernominal kecil termasuk koin diunggah ke YouTube baru-baru ini.

Video berdurasi 2 menit 52 detik tersebut diunggah antara lain oleh akun YouTube Kuningan Mass pada Sabtu (26/1/2019). Dalam keterangan deskripsi di bawahnya, disebutkan bahwa video diambil  dari akun Facebook Ibenk Si BenStifler. Tidak disebutkan kapan tepatnya transaksi dengan koin ini berlangsung.

Video diambil di showroom dealer Toyota. Permulaan video memperlihatkan gambar seorang tenaga penjual yang tak diketahui namanya menerima pembeli bernama Pak Tirta yang telah menaruh tumpukan koin di atas meja.

“Saya hari ini kedatangan konsumen dari Jatitujuh. Pak Tirta ya, pak (namanya)? Beliau hari ini pembayaran untuk mobil Toyota Rush TRD manual warna putih,” ujar sang pramuniaga sambil menghadap video.

Ia kemudian menjelaskan bahwa Pak Tirta di antaranya membawa banyak bungkusan koin dan mengaku nilai totalnya mencapai Rp 40 juta. Nominal koinnya sendiri adalah Rp 500 plus Rp 1.000.

Ada pula uang kertas nominal masing-masing Rp 100 ribu yang tak disebutkan jumlahnya. Pak Tirta, menjawab pertanyaan karyawan dealer, menjawab uang yang ia bawa dikumpulkan sedikit demi sedikit sejak 2012 hingga 2019.

“Bapak terima kasih, uangnya saya terima. Nanti saya laporkan ke bapak totalnya berapa. Ini ada tiga boks dan satu karung. Kami nanti menghitungnya juga ditimbang karena kami sudah ada timbangannya untuk ukuran (koin) sekian beratnya sekian,” ujar sang tenaga penjual.

Orang yang memegang kamera video sendiri di akhir durasi sempat mengatakan bahwa uang yang dibawa Pak Tirta ialah uang muka (Down Payment/DP). Jika video ini benar, Pak Tirta bersama keluarga masih mempunyai tugas membayar cicilan bulanannya sesuai tenor yang ia pilih.

Jika tidak bisa membayar, Rush miliknya sudah pasti harus diambil kembali oleh perusahaan pembiayaan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar