Upaya Auto2000 Bikin Pemilik Mobil Toyota Terus Servis di Bengkel Resmi

Berita Otomotif

Upaya Auto2000 Bikin Pemilik Mobil Toyota Terus Servis di Bengkel Resmi

TANGERANG – Auto2000 mengakui semakin tua mobil, semakin besar kemungkinan pemiliknya ogah servis di bengkel resmi. Jaringan diler dan bengkel resmi Toyota ini pun menciptakan beberapa 'rayuan' untuk menahan para konsumen.

Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara menjelaskan penurunan unit entry (unit masuk) ke bengkel resmi untuk sebuah model produksi tahun tertentu, setelah masa garansinya habis, bisa mencapai puluhan persen.

Garansi kendaraan Toyota sendiri mencapai tiga tahun atau 150 ribu km.

“Di atas tiga atau empat tahun kira-kira berkurangnya 20-30 persen, lah,” ucap dia merespons pertanyaan Mobil123.com dalam sebuah diskusi terbatas pada Kamis (18/8/2022) malam di Serpong, Tangerang.

Menurut Tara, ada dua faktor yang menyebabkan hal tersebut. Pertama karena unit sudah berpindah tangan dan sang pemilik selanjutnya lebih memilih bengkel umum.

“Data kami menunjukkan siklus konsumen (menjual mobil) empat sampai lima tahun sehingga setelah periode itu yang masuk ke bengkel resmi berkurang. Biasanya, orang yang beli bekasnya tidak balik ke (bengkel) kami,” papar dia.

Adapun alasan kedua ialah biaya. Seiring habisnya masa garansi plus bertambahnya usia kendaraan, sang pemilik berpikir servis di bengkel resmi bakal menghabiskan banyak uang untuk penggantian beragam suku cadang.

Tara tidak memungkiri biaya servis di bengkel resmi lebih mahal ketimbang di bengkel umum. Namun, selisih biaya tersebut diiringi oleh kepastian kualitas, standar, maupun orisinalitas suku cadang.

“Sebenarnya, sepanjang perawatan berkalanya rutin, itu (keluar banyak biaya untuk suku cadang) tidak menjadi isu,” pungkasnya.

Paket Servis Auto2000

Sebagai upaya menahan konsumen agar tetap servis di bengkel resmi, Auto2000 pun melakukan dua cara. Pertama adalah memberikan paket servis yang disebut Paket Spontan dengan durasi 1,5 tahun.

Tara mengklaim servis dengan Paket Spontan lebih hemat 30 persen. Ada paket dua kali servis kecil, 1 kali servis kecil dan servis besar, atau tiga kali servis kecil dan satu kali servis besar.

“Itu harganya fix di awal. Jadi, misalnya harga suku cadang atau jasa naik, untuk si pemilik yang pakai Paket Spontan tidak berlaku. Tetap harga awal,” tegasnya.

Cara kedua ialah menciptakan paket-paket servis parsial. Misalnya paket servis khusus perawatan rem saja.

Paket ini dibuat karena ada pemilik mobil Toyota yang merasa hanya perlu merawat di bagian-bagian tertentu saja.

“Dengan begitu, apa yang konsumen rasa perlu dilakukan, bisa dilakukan di bengkel resmi dengan harga lebih kompetitif,” tutup Tara. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar