GM Jual Ventilator Lebih Mahal dari Daihatsu Xenia Tipe Tertinggi

Berita Otomotif

GM Jual Ventilator Lebih Mahal dari Daihatsu Xenia Tipe Tertinggi

NEW YORK – General Motors (GM) rupanya akan panen besar berkat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) karena menjual ventilator (alat bantu pernapasan)  dengan harga fantastis.

Memang tidak semua orang dan perusahaan mendapat terdampak negatif karena pandemi ini. Ada beberapa yang justru berhasil meraih banyak keuntungan dan GM tampaknya juga melihat ini sebagai peluang baru.

Dilansir dari Carscoops, mereka akan memproduksi ventilator yang sangat dibuktuhkan oleh Amerika Serikat. Pemerintah Amerika Serikat pun telah menyepakati kontrak senilai USD 490 juta atau setara Rp 7,663 triliun untuk 30.000 ventilator yang akan dikirimkan pada bulan Agustus.

Satu unit ventilator tersebut dibanderol $16,000 atau setara Rp 250,2 juta. Harga ini jelas jauh lebih mahal dibandingkan satu unit Daihatsu Xenia tipe termahal yaitu R Sporty yang dibanderol Rp 236,650 juta.

Meski demikian, GM dan mitranya yaitu Ventec Life Systems mengaku tidak hanya sekedar membuat ventilator seperti yang tertulis dalam kontraknya. Ini karena mereka juga harus membuat suku cadang dalam jumlah besar agar ventilator dapat optimal setidaknya untuk 10 minggu. Mereka juga harus merekrut serta melatih pekerja sementara dan mengubah salah satu pabrik GM untuk proyek ini.

GM juga menegaskan akan mulai memproduksi massal ventilator pada minggu ini dan mempercepat pengirimannya menjadi 1 Juni 2020. Mereka pun berkomitmen untuk dapat menyiapkan 6.000 unit ventilator pada pengiriman pertamanya.

Ventilator yang dibuat oleh GM dan Ventec Life Systems ini disebut sebagai V+ Pro. Meski tidak secanggih VOCSN system dari Ventec, ventilator ini telah dirancang untuk pasien kritis dan dapat berfungsi dengan daya baterai. Dengan demikian tenaga medis dapat menggunakannya di RS Darurat sekalipun. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar