Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Underpass Terpanjang di Indonesia Selesai Dibangun

Berita Otomotif

Underpass Terpanjang di Indonesia Selesai Dibangun

JAKARTA – Underpass terpanjang di Indonesia yang berlokasi di Yogyakarta telah rampung dibangun.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui situs resminya pada Kamis (23/01/2020), mengumumkan pengerjaan underpass  New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo telah 100 persen selesai. Infrastruktur terbaru ini mencatatkan rekor sebagai underpass terpanjang di Tanah Air.

“Underpass NYIA merupakan yang terpanjang di Indonesia dengan bentang 1,3 kilometer,” tulis kementerian.

Jadwal peresmiannya belum diketahui. Namun, uji coba bakal dilakukan pada Jumat (24/01/2020).

Underpass NYIA sebelumnya sudah dioperasikan sebagai jalur fungsional sejak masa libur Natal dan tahun baru 2020. Pembangunannya dimulai pada November 2018 oleh kontraktor PT.Wijaya Karya – MCM KSO.

Biaya konstruksinya mencapai Rp 293 miliar. Dana tersebut bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) / Sukuk Negara Tahun Anggaran 2018-2019.

Underpass NYIA akan menjadi Jalan Nasional Pantai Selatan (Pansela) Jawa terbaru yang menghubungkan Purwokerto dan Yogyakarta. Pasalnya, Jalur Pansela Jawa yang lama terpotong oleh pembangunan Bandara Kulon Progo.

Jalurnya sendiri terdiri dari terowongan (slab tertutup) sepanjang 1.095 meter serta jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 110 meter dan 100 meter. Underpass memiliki lebar 7,85 meter, clearance atas 5,2 meter, dan clearance samping 18,4 meter.

Di dalamnya terdapat sistem audio untuk menyampaikan pesan-pesan pentingnya keselamatan berkendara selama berada di dalam underpass.

Untuk mengantisipasi terjadinya genangan air saat turun hujan, konstruksinya dilengkapi dengan rumah pompa dan dilapisi waterstop yang terbuat dari karet untuk beton dinding dan lantainya. Di samping itu, untuk menambah nilai estetika pada konstruksi terowongan dihiasi ornamen khas Yogyakarta seperti Tari Jathilan, Tari Angguk Putri, Kalamakara dan Setilir Gebleg Renteng.

Selain menghubungkan Purwokerto dengan Yogyakarta melalui Pansela, underpass NYIA diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas warga Kulon Progo dan sekitarnya sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kulon Progo. Beroperasinya underpass NYIA juga mendukung Jalur Pansela sebagai alternatif Jalur Pantura yang telah padat lalu lintasnya dan menjadi jalur wisata. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang