Banjir di Underpass Kemayoran Sudah Surut dan Bisa Dilewati

Panduan Pembeli

Banjir di Underpass Kemayoran Sudah Surut dan Bisa Dilewati

JAKARTA – Underpass Kemayoran, Jakarta yang sempat terendam banjir tinggi kini dilaporkan sudah bisa dilewati oleh kendaraan.

Seperti diketahui, hujan deras yang turun selama sekitar setengah hari pada Jumat (24/1/2020) kemarin membuat underpass kemayoran terendam banjir. Ketinggian terparahnya bisa mencapai 3 – 5 meter.

Kini, pada Senin (27/1/2020), situs resmi NTMC Polri melaporkan bahwa air telah surut. Akses jalan tersebut sudah sangat aman untuk dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sejak pagi hari tadi, kendaraan bermotor terpantau sudah lalu-lalang di underpass yang berada di bahwa Jl. HBR Motik, Kemayoran, Jakarta Pusat ini. Kendaraan-kendaraan itu mengarah dari Rumah Susun Conver Kemayoran menuju ke arah sekolah Gandhi maupun sebaliknya.

Lumpur maupun genangan air tinggi dikabarkan tak terlihat lagi di lokasi. Adapun pada pagi tadi area ini sempat diguyur hujan yang cukup deras selama kurang lebih sepuluh menit yang menyebabkan jalan underpass ini basah.

Pada Sabtu (25/1/2020) sendiri warga keturunan Tionghoa merayakan Tahun Baru China dan di sekitar momen ini hujan lebat memang sering turun. Akan tetapi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) beberapa waktu lalu memperkirakan bahwa hujan lebat berpotensi terjadi pada 24 – 29 Januari mendatang.

Terendamnya underpass Kemayoran sempat membuat ketegangan antara Pemerintah Daerah DKI Jakarta dengan Pemerintah Pusat yang sempat terlihat pada banjir Ibu Kota 1 Januari 2020 kembali terjadi. Pasalnya, menurut penelusuran dari berbagai sumber, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kejadian tersebut merupakan tanggung jawab Pemerintah Pusat karena kawasan Kemayoran berada langsung di bawah kewenangan Sekretariat Negara.

Anies sendiri pada Minggu (26/1/2020) malam kemarin sempat turun langsung ke underpass Kemayoran untuk melihat situasi terakhir. Ketika itu, banjir memang sudah surut dan tinggal menyisakan lumpur yang sedang dibersihkan oleh puluhan petugas pemadam kebakaran maupun PPSU. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support