Umur Maserati Kini Sudah1 Abad

Berita Otomotif

Umur Maserati Kini Sudah1 Abad

BOLOGNA - Produsen mobil mewah Maserati kini tengah berbahagia. Brand asal Italia tersebut kini telah menginjak umur 1 abad!

Seratus tahun yang lalu pada 1 Desember 1914 Alfieri Maserati dan saudaranya Ettore dan Ernesto memulai apa yang menjadi babak kemenangan di sejarah otomotif Italia. Di via de’ Pepoli nomer 1A, di jantung kota Bologna, tiga bersaudara itu membuka “bengkel dan garasi perbaikan mobil”. 

Pendaftaran surat registrasi bisnis  perseorangan diajukan sepuluh hari kemudian di dekat Palazzo della Mercanzia, dimana rumah Chamber of Commerce Bologna sekarang berada. Pendaftaran surat tersebut diterima dan di registrasikan empat hari setelahnya. 

Ini adalah awal permulaan sejarah Maserati yang panjang – berbasis di Bologna sampai 1939, lalu sejak itu berpusat di Modena dan meluncurkan mobil-mobil berkecepatan tinggi ke jalan di seluruh dunia sampai pada saat ini. Sebuah plakat, diletakan oleh Dewan Kota Bologna bekerjasama dengan Maserati, untuk selalu mengingat sebuah lokakarya bersejarah pertama Bologna oleh Maserati bersaudara.

Selama seratus tahun belakanga, Maserati telah menjelma menjadi produsen mobil mewah nan kencang terkemuka di dunia. Tidak hanya untuk ulang tahun ke-100, tetapi juga untuk tonggak keberhasilan dari 50.000 unit yang diproduksi di pabrik Avv. Giovanni Agnelli, di Grugliasco.

Hasil yang penting untuk Maserati ini dicapai dalam waktu kurang dari dua tahun. Pabrik, di mana Quattroporte dan sedan Ghibli diproduksi, diresmikan pada 30 Januari 2013 dan dengan produksi ramp-up yang dirancang untuk memaksimalkan kualitas produk akhir, telah memungkinkan untuk mencapai 50.000 mobil hanya dalam 22 bulan.

Mobil yang ke-50.000, sebuah protagonis pada hari-hari ulang tahun ke-100 Maserati, adalah Q4 Quattroporte S dengan cat new Grigio Maratea, dengan warna merah dan hitam untuk jok interior dan dibangun untuk pasar AS. 

Pasar Amerika Utara, di mana Q4 Quattroporte S dikenal dengan kenyamanannya, penyelesaian yang tidak pernah gagal dan tingkat sport yang belum pernah ada sebelumnya, tahun ini mencapai rekor penjualan baru, dengan lebih dari 10.700 unit Maserati dikirimkan dalam 10 bulan pertama tahun ini. [Syu/Idr]

 

Temukan Mobil Baru dan Mobil Bekas di sini

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support