Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Lebih Dekat dengan Suzuki S-Presso, City Car Murah Rasa SUV

Berita Otomotif

Lebih Dekat dengan Suzuki S-Presso, City Car Murah Rasa SUV

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mempunyai city car baru untuk pasar Indonesia, yaitu Suzuki S-Presso. Meski berlabel city car, tampilannya tangguh seperti sport utility vehicle (SUV).

S-Presso diluncurkan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, tepatnya Kamis, (11/8/2022). Produk teranyar Suzuki yang diimpor utuh atau completely built up (CBU) dari India ini akan bersaing di segmen city car serta Low Cost Green Car (LCGC).

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Suzuki S-Presso, simak ulasannya berikut ini mulai dari harga, spesifikasi, kelebihan dan kekurangannya.

Harga Suzuki S-Presso

Suzuki S-Presso tersedia dalam dua varian yang dibedakan berdasarkan transmisi, ada manual (MT) dan Auto Gear Shift (AGS).

Harga untuk varian MT Rp155 juta, sedangkan AGS dibanderol Rp164 juta on the road (OTR) Jakarta.

Spesifikasi Suzuki S-Presso

Eksterior

Suzuki S-Presso memiliki panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, tinggi 1.565 mm, jarak sumbu roda 2.380 mm, serta ground clearance 180 mm. Radius putar city car ini sekitar 4,5 m.

 

Desain luar S-Presso memiliki tampilan layaknya SUV dan berkesan tangguh, sporty, serta stylish.

Bagian depannya tersemat gril berbentuk kotak-kotak dengan aksen krom. Lampu depan dan sein menggunakan bohlam Halogen Multireflector.

Lalu di bawahnya terdapat cover radiator berwarna hitam dan Front Skid Plate berwarna perak membuat kesan SUV semakin nyata.

Di samping mobil juga berkesan SUV dengan adanya Arch Cladding di sekitar fender dan pintu mobil. Warna spion dan door handle dibuat sama dengan bodi.

Roda S-Presso menggunakan pelek two-tone alloy berdimensi 14 inci dengan ban ukuran 165/70 R14.

Berpindah ke belakang mobil, terdapat Rear Spoiler dengan High Mount Stop Lamp, memperkuat nuansa sporty. Di bagian kacanya tidak ada wiper namun disematkan defogger untuk menghilangkan embun saat berkendara di tengah hujan.

Kemudian terdapat Rear Combination Lamp menggunakan bohlam halogen dan Rear Skid Plate.

Varian warna Suzuki S-Presso ada enam, yakni Sizzle Orange, Solid Fire Red, Pearl Starry Blue, Granite Gray Metallic, Silky Silver Metallic, dan White.

Interior

Masuk ke dalam kabin, S-Presso bisa dikatakan memiliki ruang yang cukup lega untuk ukuran city car kapasitas 4 penumpang. Kabinnya didominasi oleh warna hitam dengan sedikit aksen perak di sisi pintu.

Jok mobil bermaterial kain dengan sandaran kepala yang tidak bisa dinaik-turunkan.

Di bagian dasbor, terpasang Digital Meter Cluster tepat di atas head unit.

Meter cluster ini memberikan informasi seperti kecepatan, fuel meter, odometer, serta konsumsi bahan bakar rata-rata.

Head unit yang disematkan pada S-Presso berupa layar sentuh berukuran 6,8 inci lengkap dengan fitur FM/AM Radio, USB, MP3, dan Bluetooth.

Di bawah head unit terdapat tombol power window untuk mengatur buka-tutup jendela samping. Power window hanya ada pada jendela sisi depan saja, sementara untuk membuka jendela samping belakang masih manual.

Untuk pengaturan A/C masih berupa analog, namun dilengkapi dengan heater.

Mesin dan Performa

Suzuki S-Presso dibekali mesin bensin injeksi berkapasitas 998 cc, 3 silinder, 12 katup, tipe K10B DOHC. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan adalah 67 hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak pada 90 Nm di 3.500 rpm.

Mesin tersebut disandingkan dengan sistem transmisi manual 5-percepatan atau AGS.

Kapasitas tangki bensin mobil ini 27 liter.

Sementara itu, pada sektor kaki-kaki disematkan suspensi Mac Pherson Strut di depan dan Torsion Beam di belakang. Ada juga sistem pengereman ventilated disc di roda depan dan drum di roda belakang.

Fitur Keselamatan dan Keamanan

Fitur keselamatan dan keamanan pada Suzuki S-Presso ada Auto-lock Braking System (ABS), sensor parkir belakang, SRS Front Dual Airbags, Childproof Rear Door Lock, Immobilizer, dan alat pemadam api ringan (APAR).

Kelebihan dan Kekurangan

Sebuah mobil tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk Suzuki S-Presso.

Kelebihan

  • Desain SUV

Kelebihan pertama dan yang paling kelihatan pada S-Presso adalah bentukan mobil ini. Meski berupa city car, desainnya dibuat menyerupai SUV. Gril dan bumper mobil ini memberikan kesan tangguh dan sporty.

Selain itu, telah dibekali oleh serangkaian aksesori yang membuatnya terlihat menarik, seperti skid plate depan dan belakang, Rear Spoiler & High Mount Stop Lamp dan Side & Wheel Arch Cladding.

  • Ground Clearance Tinggi

Jarak antar permukaan jalan dan bodi cukup tinggi, yakni 180 mm. Hal ini memungkinkan mobil untuk melewati jalan tidak rata tanpa merusak sasis.

Ditambah dengan radius putaran 4,5 m, pengendalian S-Presso saat bermanuver di ruang yang sempit menjadi lebih mudah.

  • Kabin Luas

Untuk sebuah city car mungil, S-Presso memiliki kabin yang cukup luas. Kelegaan ruang kabin tentunya menambah kenyamanan dalam berkendara.

  • Harga Murah

S-Presso dibanderol dengan harga termurah Rp155 juta dan tertinggi Rp164 juta. Harga tersebut bisa dikatakan sangat terjangkau untuk segmen city car.

Sebagai perbandingan, Toyota Agya memiliki kisaran harga Rp158,5 juta – Rp180,15 juta, Daihatsu Ayla Rp110 juta – Rp169,25 juta, dan Honda Brio Satya Rp156,9 juta – Rp186,4 juta OTR Jakarta.

Kekurangan

  • Transmisi AGS

Transmisi AGS secara garis besar mirip seperti sistem transmisi manual, namun kerja kopling dilakukan oleh modul kendali transmisi berdasarkan sensor putaran mesin.

Transmisi jenis ini dianggap kurang nyaman karena menimbulkan hentakan saat perpindahan gigi.

  • Pengaturan Spion Samping Manual

Pengaturan kaca spion samping masih manual menggunakan tuas di sisi dalam mobil.

  • Tidak Ada Wiper Belakang

Pada kaca belakang S-Presso tidak disematkan wiper, tetapi ada defogger. Hadirnya defogger sebenarnya bagus untuk mengurangi embun di kaca belakang. Tetapi, jika kondisinya sedang hujan deras, pastinya visibilitas ke arah belakang bisa terganggu.

  • Satu Lampu Mundur

Pada mobil ini hanya disematkan satu lampu mundur, sedangkan pada banyak mobil modern masa kini, lampu mundurnya ada dua.

Kompetitor

Saat peluncurannya di GIIAS 2022, Suzuki Indonesia mengatakan S-Presso akan mengincar pasar di dua segmen, yaitu segmen LCGC dua baris dan city car non-LCGC.

Segmen LCGC dua baris diisi oleh model-model seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Honda Brio Satya. Sementara itu, di kelas city car non-LCGC ada Honda Brio RS, Daihatsu Sirion, serta saudara satu jenamanya Suzuki Ignis.

FAQ

Q: Berapa Harga Suzuki S-Presso?

A: Harga OTR Jakarta Suzuki S-Presso Rp155 juta untuk varian MT dan Rp164 juta untuk varian AGS.

Q: Berapa kapasitas mesin Suzuki S-Presso?

A: Suzuki S-Presso dibekali mesin berkapasitas 998 cc, 3 silinder, 12 katup, tipe K10B DOHC.

Q: Apa saja Warna Suzuki S-Presso?

A: Suzuki S-Presso tersedia dalam enam varian warna, yaitu Sizzle Orange, Solid Fire Red, Pearl Starry Blue, Granite Gray Metallic, Silky Silver Metallic, dan White. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang