Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

BMW 320i, Sedan Premium Sporty Pilihan Kalangan Muda

Berita Otomotif

BMW 320i, Sedan Premium Sporty Pilihan Kalangan Muda

BMW 320i yang termasuk dalam keluarga BMW 3 series merupakan sedan dengan desain yang sporty dan cocok untuk kalangan anak muda.

BMW 3 series sendiri sebenarnya punya sejarah panjang. Berawal dari hadirnya seri 3 dengan kode bodi E21 pada 1975, lalu berlanjut ke E30, E36, E46, E90, F30 dan terbaru G20.

BMW 3 series yang terbaru merupakan model 320i. Sedan ini memiliki performa yang bisa dibilang mumpuni.

Kali ini, Mobil123.com memberikan ulasan tentang BMW 320i. Kami akan membahas rincian spesifikasi dari sedan premium sporty ini, model dari BMW 3 series, serta harga.

Spesifikasi BMW 320i

Eksterior

BMW 320i memiliki panjang 4.709 mm, lebar 2.068 mm, tinggi 1.435 mm, dan jarak antar sumbu roda 2.851 mm.

Secara tampilan, BMW 320i masih mirip dengan saudaranya, 330i M Sport. Terutama di bagian muka, di mana terdapat double kidney gril khas BMW serta lampu utama Adaptive LED Laserlight yang memiliki aksen biru. Bagian lampu depan tersebut juga tersemat BMW Selective Beam dan LED Foglights.

Tampilan samping 320i terlihat sporty dengan garis tajam dari fender depan hingga pintu belakang. Warna BMW individual high-gloss shadowline semakin mempertegas garis pada sisi bodi. Didukung oleh pelek berukuran 18 inci light alloy double-spoke style 782 bicolor. Di atap mobil terpasang glass roof.

Bagian belakang 320i, terpasang lampu belakang berbentuk huruf L menggunakan LED. Kemudian di pintu bagasi telah dilengkapi fitur Comfort Access, yang memungkinkan pengguna membuka pintu bagasi tanpa menyentuhnya.

Interior

Interior BMW 320i memiliki desain yang sporty, modern, serta mewah. Dari dasbornya, kesan berkelas bisa dirasakan karena material yang dipakai berupa Sensatec dan juga black gloss pada finisher trim pintu. Tambahan karpet serta ambient light membuat suasana dalam mobil lebih mewah lagi.

Panel instrumennya hadir dengan BMW Live Cockpit Professional yang didukung BMW OS 7.0.

Pada lingkar kemudi memiliki desain Sport Steering Wheel, dibalut material kulit, dan disematkan beberapa tombol pengaturan sistem infotainment dan Cruise Control.

Material kulit vernasca membalut kursi mobil yang berdesain sporty. Jok baris belakang juga dibalut bahan yang sama dengan konfigurasi 40:20:40, sehingga di tengahnya bisa diatur menjadi armrest lengkap dengan cupholder.

Sitem hiburan di interior ada head unit berukuran 10,25 inci, didukung oleh OS teranyar BMW, yang memiliki fitur Gesture Control, Voice Control “Hello, BMW”, dan bluetooth/WiFi interface, serta Apple CarPlay Wireless.

Mesin

BMW 320i dilengkapi dengan mesin 1.998 cc 4-silinder 4-katup BMW TwinPower Turbo. Mesinnya memiliki kemampuan mengeluarkan tenaga sebesar 184 hp pada putaran 5.000-6.500 rpm, serta torsi maksimum 300 Nm pada 1.350–4.000 rpm.

Sistem transmisi yang digunakan berupa Steptronic Sport Transmission 8-percepatan dengan gearshift paddle dan launch control.

Akselerasinya dari posisi diam hingga 100 km per jam dapat dicapai dalam waktu 7,1 detik.

Konsumsi bahan bakar 320i untuk pemakaian dalam kota sekitar 7,4 liter per 100 km, sedangkan pemakaian luar kota 5,6 liter per 100 km. Jika digabungkan, efisiensi bahan bakar mobil sedan ini sekitar 6,3 liter per 100 km, atau sekitar 15,8 km per liter. Kapasitas tangki bensinnya 59 liter dan emisi karbon 144 gram per km.

Pada BMW 320i juga disematkan fitur mode berkendara berdasarkan gaya berkendara yang diinginkan pengemudi. Pilihan mode berkendaranya ada Sport, Comfort, dan Eco Pro.

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Di sektor keamanan dan keselamatan, BMW 320i memiliki fitur-fitur yang sangat melimpah. Sebut saja fitur-fitur yang membantu pengemudi dalam berkendara, seperti Dynamic Stability Control (DSC) termasuk Cornering Brake Control (CBC), Automatic Stability Control (ASC), Dynamic Brake Control (DBC), Electronic Differential Lock Control (EDLC), dan Dynamic Traction Control (DTC).

Selain itu, tersedia fitur-fitur keselamatan yang dibantu sensor dan kamera macam Lane Departure Warning, Lane Change Warning, Collision Warning, serta Pedestrian Warning dan City Brake. Kemudian ada juga Rear Crossing Traffic Warning, Rear Collision Warning.

Terdapat pula Parking Assistant, berguna untuk memarkir mobil secara paralel atau lateral dengan lebih mudah, serta Reversing Assistant dapat membantu pengendara untuk memundurkan kendaraan ke posisi sebelumnya secara otomatis dengan jarak maksimal 50 meter.

Model BMW 3 Series

BMW 3 Series yang dijual di Indonesia datang dalam tiga model, yaitu 320i Sport, 320i Dynamic, dan 330i M Sport. Berikut perbedaan utama dari masing-masing model.

BMW 320i Sport

Pada eksterior dan interior BMW 320i Sport terdapat warna hitam high-gloss untuk memperkuat kesan sporty-nya. Jok depan juga didesain sporty menggunakan kombinasi bahan kain dan Sensatec warna hitam untuk memaksimalkan kenyamanan dalam kabin, didukung dengan alat-alat Model Advantage dan ambient light.

  • Roda 17 inci light alloy V-Spoke style 776, varian roda lain juga tersedia
  • Jok mobil sport berbahan kombinasi kain/Sensatec warna hitam dengan stiching abu-abu kontras, upholstery lain juga tersedia
  • Setir mobil sport dibalut bahan kulit, dengan pilihan bahan M leather
  • Trim interior finisher dalam hitam high-gloss, trim lain juga tersedia
  • Termasuk alat-alat dari Model Advantage

BMW 320i Dynamic

Model Dynamic dari BMW 320i memiliki kesan yang lebih elegan dan mewah. Desain BMW Individual high-gloss Shadow Line membuat tampilan luar model Dynamic ini lebih eksklusif. Impresi stylish juga terlihat di sisi interiornya. Upholstery berbahan kulit kelas atas dan trim interior finisher berkualitas tinggi menggambarkan kemewahan.

  • Roda 17 inci light alloy V-Spoke style 775, pilihan roda lain juga tersedia
  • Interior Sport dengan upholstery Sensatec dan detail interior menciptakan suasansa mewah.
  • Setir mobil sport berbalut bahan kulit
  • Interior trim finisher berwarna hitam high-gloss, dengan karpet lantai berbahan kain Velour
  • Fitur BMW Live Cockpit Professional, termasuk Apple CarPlay, mengintegrasi seluruh digital display dalam mobil

BMW 330i M Sport

Pada BMW 330i M Sport diberikan sentuhan yang lebih sporty lagi. Tampilan luar mobil dan kabin didesain lebih tajam, suspensi, rem dan mesin juga berbeda. Dari segi mesinnya memiliki cc yang sama, namun tenaga yang dihasilkan lebih besar, yaitu dapat mencapai 258 hp.

  • Roda 18 inci M alloy Double-Spoke Style 790 M Bicolor Orbit Grey, varian roda lain juga tersedia
  • Jok baris depan berupa Sport Seat dengan bahan kombinasi Alcantara/Sensatec dengan jahitan perforation dan warna biru kontras
  • Setir mobil dibalut bahan M leather
  • M interior trim finisher dalam Aluminium Tetragon, trim lain juga tersedia
  • Termasuk alat-alat dari Model Advantage

Harga BMW 3 Series

Berdasarkan laman resmi BMW Indonesia, BMW 3 Series memiliki banderol mulai Rp837 juta off the road.

Di bawah ini rincian harga untuk masing-masing modelnya.

Model 3 Series

Harga Off The Road

Harga On The Road Jakarta

320i Dynamic

Rp837 juta

Rp955 juta

320i Sport

Rp905 juta

Rp1,025 miliar

330i M Sport

Rp997 juta

Rp1.12 miliar

[ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang