Uji Coba Mobil Autopilot Ford Bikin Deg-degan

Berita Otomotif

Uji Coba Mobil Autopilot Ford Bikin Deg-degan

DETROIT - Kegigihan perusahaan otomotif Ford dalam menciptakan mobil autopilot tidak diragukan lagi. Terbukti Ford menjadi produsen otomotif pertama kali yang menguji kendaraan otonom mereka di M City --lokasi uji coba untuk mobil autopilot--.

Lokasi uji coba yang dimiliki University of Michigan, dan berdiri di bagian utara kampus itu memungkinkan mobil bergerak seperti di jalur perkotaan dengan aman.

Saat itu, Ford menguji coba teknologi autopilot-nya pada mobil Fusion Hybrid. Mobil ini menggabungkan teknologi 'driver assist' seperti kamera menghadap ke depan, radar dan sensor ultrasonik serta empat sensor LIDAR untuk menghasilkan data real-time 3D pada lingkungan sekitar kendaraan.

Untuk diketahui Ford telah menguji kendaraan autopilot mereka selama lebih dari 10 tahun dan sekarang uji coba di M City menjadi bukti keseriusaan perusahaan untuk mempercepat penelitian teknologi canggih pada mobil-mobil mereka.

M City dengan luas lahan 32 are cukup menantang teknologi mobil autopilot Ford, sebab lokasi uji coba ini memiliki beragam kondisi jalan mulai lampu lalu lintas, tempat penyeberangan, curb cuts (tepian jalan), jalur sepeda, pohon, hidran, trotoar, dan tanda-tanda lalu lintas lain.

Dalam simulasi ini, mobil juga melewati berbagai kondisi jalan seperti jalan rusak, berpindah jalur, belokan-belokan tajam, bundaran hingga terowongan.

"Pengujian mobil Ford di M City cukup menantang, namun berlangsung aman. Situasi ini mengasah teknologi kendaraan," kata Raj Nair Ford group vice president, Global Product Development.

Ia menambahkan, uji coba ini merupakan langkah penting untuk menyakini jika teknologi mobil autopilot aman digunakan dan mampu meningkatkan mobilitas masyarakat. [Ikh/Idr]

 

Tag Terkait


M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support