UD Trucks Siap Minum Solar B30

Berita Otomotif

UD Trucks Siap Minum Solar B30

SERPONG – UD Trucks Indonesia menyatakan produk-produknya sudah lolos uji B30 dan siap untuk menggunakan bahan bakar tersebut.

Seperti diketahui bahwa Presiden Joko Widodo mempercepat penerapan penggunaan bahan bakar Biosolar 30 atau B30. Percepatan tersebut dilakukan karena bahan bakar jenis ini, dianggap sebagai energi baru yang terbarukan dan mampu diproduksi. Selain itu juga diyakini mampu menyelesaikan masalah defisit neraca perdagangan serta transaksi berjalan (CAD).

“B30 kita malah ikut terlibat pengetesan dan lolos. Prosesnya hanya ganti filter saja sudah selesai. Maksudnya desain filter kami ubah dan kendaraan sudah siap menggunakan B30,” ujar Aloysius Chrisnoadhi selaku Marketing and After Sales Service Director PT UD Astra Motor Indonesia di sela-sela penyelenggaraan Extra Mile Challenge (EMC) 2020, 26 Februari 2020.

Dikatakan dengan menggunakan bahan bakar B30, usia komponen lain yang terlibat dalam proses pembakaran tidak bermasalah. Semua produk-produk UD Trucks Indonesia tetap lancar saat menggunakan B30.

“Usianya tetap 10 ribu, karena filternya sudah didesain ulang , maka yang lainnya seperti tangki, saluran bahan bakar, injektor dari awal tidak bermasalah,” lanjutnya kemudian.

Untuk diketahui bahwa B30 merupakan bahan bakar campuran solar murni 60 persen dengan Fatty Acid Methyl Ester (FAME) 30 persen. Program tersebut di atas  disebut memiliki potensi menyumbang penghematan anggaran Pemerintah hingga Rp 63 triliun.

Uji jalan B30 sendiri sebenarnya sudah dilakukan sejak tanggal pada tanggal 20 Mei 2019, selama 149 hari dengan jarak tempuh 40,000 KM. Rute uji jalan ini meliputi Lembang, Karawang, Cipali, Subang dan kembali lagi ke Lembang. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support