Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

UD Trucks Indonesia Siapkan Truk Euro-4

Berita Otomotif

UD Trucks Indonesia Siapkan Truk Euro-4

JAKARTA – UD Trucks Indonesia sedang mempersiapkan kendaraan-kendaraan komersial yang sesuai dengan ketentuan emisi Euro-4 dari Pemerintah. Tidak lama lagi kendaraan-kendaraan niaga UD Trucks berlabel Euro-4 akan diperkenalkan dan dijual ke masyarakat.

Mulai April 2021, Pemerintah Indonesia akan memberlakukan standar Euro-4 untuk kendaraan-kendaraan bermesin diesel. Artinya seluru produsen kendaraan niaga kini sedang menyiapkan produk-produk yang sesuai dengan regulasi. Sementara untuk mobil-mobil penumpang sudah lebih dulu, yakni April 2018.

Brand truk asal Jepang ini telah memulai berbagai inovasi di dalam pengembangan produk-produknya sehingga aman dan ramah lingkungan, dalam hal ini berfokus pada kendaraan “Electric” dan “Hybrid”. UD Trucks menargetkan akan siap memproduksi secara masal kendaraan-kendaraan ini pada tahun 2030.

Sejarah UD Trucks berawal dari truk diesel LD1. Ini merupakan truk pertama yang selesai dirakit pada November 1939. Saat itu sebagian besar jalanan di Jepang tidak diaspal dan penuh dengan jalan dan jembatan sempit yang nyaris tidak cukup lebar untuk dilewati sebuah kereta kuda. Kenzo Adachi memutuskan untuk melakukan uji coba dengan melewati lereng curam dan melingkar, melintasi lintasan gunung berbahaya. Dengan seluruh perjalanan berjarak 3.000 km, atau 1,5 kali panjang kepulauan Jepang, tes ini merupakan pengujian daya tahan pertama di negara tersebut. Beberapa orang berpendapat bahwa uji coba itu seharusnya akan lebih mudah dilakukan di daerah perkotaan daripada harus melalui jalan ekstrim seperti itu. Tetapi Adachi berpendapat lain.

“Yang kami inginkan adalah sebuah truk yang dapat melewati kondisi jalan apa pun, tanpa kecuali. Jika truk kami tidak dapat lolos tes ini, kami tidak dapat mengharapkan para pelanggan kami percaya pada truk kami. Saya tahu semua orang telah mengerahkan seluruh tenaga dan kerja kerasnya untuk menyukseskan model pertama ini, tetapi sangat penting bagi kami untuk menguji truk ini, bahkan jika itu berarti truk akan hancur," terang Kenzo Adachi, pada awal uji coba.

Mengikuti semangat pendirinya, UD Trucks siap menghadapi berbagai macam tantangan. Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan dan UD Trucks percaya tahun 2021 akan menjadi tahun yang lebih baik dari tahun 2020. Dengan slogan “Ayo Berubah untuk Kehidupan yang Lebih Baik”, UD Trucks memantapkan fokusnya pada kondisi lingkungan serta masyarakat sekitar sambil terus memberikan solusi yang lebih baik lagi kepada para pelanggannya. 

Menyambut tahun 2021, UD Trucks memperkenalkan slogan “Let’s Challenge for Better Life”. Terinspirasi dari dunia yang penuh dengan penantang, seperti Greta Thunberg, aktivis lingkungan yang bekerja mengkampanyekan isu-isu terkait pemanasan global dan perubahan iklim. Mahatma Gandhi yang menyampaikan aspirasi dengan damai. Steve Jobs, pendiri Apple yang inovatif dan kreatif dan tentu saja Kenzo Adachi. [Idr]

 

 



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang