Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Uber Patenkan Fitur untuk Tingkatkan Keselamatan Kendaraan Otonom

Berita Otomotif

Uber Patenkan Fitur untuk Tingkatkan Keselamatan Kendaraan Otonom

CALIFORNIA – Uber kembali memberikan sebuah inovasi untuk kendaraan otonom, kali ini menambahkan fitur yang bertujuan untuk meningkatkan komunikasi antara mobil dengan pedestrian.

Fitur tersebut saat ini sedang diajukan oleh Uber untuk mendapatkan paten. Dalam pengajuannya, Uber menggambarkan kendaraan dengan banyak lampu berkedip. Misalnya adalah bemper depan yang memiliki tulisan “Silahkan melanjutkan untuk menyebrang” ditambah dengan panah penunjuk arah.

  Menariknya lagi, kaca depan juga menampilkan pengemudi virtual guna menambah sentuhan ‘kemanusiaan’ pada kendaraan. Dengan demikian diharapkan terjadi komunikasi yang baik antara pedestrian dengan mobil.

“Dalam dunia nyata sekalipun, sangat jarang ada pengemudi yang mempersilahkan pedestrian untuk melanjutkan menyebrang dengan kata-kata. Namun ada banyak hal yang bisa menggantikan kalimat tersebut seperti dengan simbol komunikasi lain,” ungkap Sean Chin, Product Designer Uber Advanced Technology Group.

Chin pun menekankan bahwa sistem yang dipatenkan tersebut bukanlah sebuah produk final. Mereka mengklaim bahwa akan terus mengembangkan fitur tersebut agar dapat lebih mudah diaplikasikan dan pengguna jalan bisa mengetahui posisi kendaraan otonom.

“Bila kami bisa menyampaikan informasi bahwa mobil sedang melakukan pengereman, maka para pengguna jalan di area tersebut dapat mengetahui posisi kendaraan dan mereka bisa membuat tindakan sendiri,” tambahnya.

Uber sendiri saat ini juga tengah melakukan investigasi pada mobil otonom agar bisa dikenali oleh para pengguna jalan. Diharapkan, dengan fitur-fitur baru tersebut, mobil otonom dapat menjadi lebih aman dibandingkan sebelumnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang