Uber Patenkan Fitur untuk Tingkatkan Keselamatan Kendaraan Otonom

Berita Otomotif

Uber Patenkan Fitur untuk Tingkatkan Keselamatan Kendaraan Otonom

CALIFORNIA – Uber kembali memberikan sebuah inovasi untuk kendaraan otonom, kali ini menambahkan fitur yang bertujuan untuk meningkatkan komunikasi antara mobil dengan pedestrian.

Fitur tersebut saat ini sedang diajukan oleh Uber untuk mendapatkan paten. Dalam pengajuannya, Uber menggambarkan kendaraan dengan banyak lampu berkedip. Misalnya adalah bemper depan yang memiliki tulisan “Silahkan melanjutkan untuk menyebrang” ditambah dengan panah penunjuk arah.

  Menariknya lagi, kaca depan juga menampilkan pengemudi virtual guna menambah sentuhan ‘kemanusiaan’ pada kendaraan. Dengan demikian diharapkan terjadi komunikasi yang baik antara pedestrian dengan mobil.

“Dalam dunia nyata sekalipun, sangat jarang ada pengemudi yang mempersilahkan pedestrian untuk melanjutkan menyebrang dengan kata-kata. Namun ada banyak hal yang bisa menggantikan kalimat tersebut seperti dengan simbol komunikasi lain,” ungkap Sean Chin, Product Designer Uber Advanced Technology Group.

Chin pun menekankan bahwa sistem yang dipatenkan tersebut bukanlah sebuah produk final. Mereka mengklaim bahwa akan terus mengembangkan fitur tersebut agar dapat lebih mudah diaplikasikan dan pengguna jalan bisa mengetahui posisi kendaraan otonom.

“Bila kami bisa menyampaikan informasi bahwa mobil sedang melakukan pengereman, maka para pengguna jalan di area tersebut dapat mengetahui posisi kendaraan dan mereka bisa membuat tindakan sendiri,” tambahnya.

Uber sendiri saat ini juga tengah melakukan investigasi pada mobil otonom agar bisa dikenali oleh para pengguna jalan. Diharapkan, dengan fitur-fitur baru tersebut, mobil otonom dapat menjadi lebih aman dibandingkan sebelumnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual