Hati-Hati Beli Mobil Bekas Tabrakan

Berita Otomotif

Hati-Hati Beli Mobil Bekas Tabrakan

TANGERANG SELATAN – Apakah mobil bekas yang pernah terkena tabrakan benar-benar tak disarankan untuk dibeli? Jawabannya bisa iya, bisa tidak, tergantung dari seberapa parah insiden yang pernah dialami mobil tersebut.

Mari bayangkan situasi saat Anda ingin membeli mobil seken. Usut punya usut, ternyata roda empat incaran Anda pernah terlibat tabrakan.

Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service PT. Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan bahwa tumbukan satu mobil dengan kendaraan atau benda lain di jalanan saat ini makin sulit dihindari. Dengan semakin padatnya lalu lintas, potensi terjadinya hal itu makin besar.

“Kalau enggak pernah tabrakan rada enggak mungkin juga, ya, sepertinya. Pasti minimal pernah penyok-penyok,” tandas Dadi kepada Mobil123.com.

Menurutnya, asal tabrakan tersebut tidak mengenai sasis mobil, konsumen masih bisa mempertimbangkan untuk membelinya. Namun, kalau struktur dasar sudah terkena dan berubah, mobil tersebut ia nilai tak layak lagi dibeli.

“Sepanjang tidak merusak sampai ke struktur tidak apa-apa. Misalnya panel kena tapi struktur tak berubah. Kalau panel kan, bisa diganti. Hal yang paling dilihat adalah struktur dan rigiditas dari bodinya itu,” papar Dadi.

Lebih Baik Dealer Mobil Bekas Tepercaya Daripada Teknisi Tepercaya
Ketika membeli mobil bekas pun, konsumen bisa membawa teknisi dengan kemampuan baik atau pergi ke tempat dipercaya. Namun, Dadi menilai lebih baik mencari tempat tepercaya.

“Baiknya ke tempat yang bisa dipercaya, ya. Teknisi yang bisa dipercaya juga mencarinya di mana?,” ujarnya.

Toyota pun memberikan beberapa tips untuk melihat mobil bekas yang pernah terkena banjir. Cara paling dasar adalah melihat bagian-bagian seperti karpet, lantai bawah karpet, serta mekanisme pintu.

Salah satu titik kunci dalam menilai mobil bekas banjir adalah lantai bawah karpet. Pasalnya, bagian ini akan berkarat sehabis tersapu banjir sedangkan karpet bisa dikeringkan dan dicuci hingga wangi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar