Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Trik Hadapi Banjir dari Garda OTO

Panduan Pembeli

Trik Hadapi Banjir dari Garda OTO

JAKARTA – Pelanggan Garda OTO dihimbau tetap tenang saat harus menghadapi jalan dalam kondisi banjir.

Memasuki akhir tahun, kondisi cuaca di wilayah Indonesia didominasi oleh hujan dengan intensitas ringan hingga berat. Banjir adalah bahaya laten yang harus dihadapai para pengendara sewaktu-waktu dan kadang dengan kondisi cukup parah.

Agar mobilitas tetap berjalan tanpa gangguan berarti, ada hal-hal yang harus diperhatikan saat membawa mobil di jalanan sehingga bisa tetap tenang saat berkendara. Berikut himbauan atau tips dari Garda OTO agar dapat beraktivitas dengan tenang terutama saat terjebak banjir.

1.  Pantau kondisi jalan, hindari bepergian ke tempat-tempat yang rawan banjir jika tidak ada kepentingan yang  mendesak.

2. Kurangi kecepatan saat berkendara di bawah guyuran hujan. Berkendara di cuaca terang sangat berbeda dengan kondisi hujan. Pastikan mengemudi pada kecepatan yang disesuaikan dengan kondisi jarak pandang dan lingkungan sekitar.

3. Perhatikan jarak aman pengereman, karena proses pengereman saat kondisi hujan membutuhkan jarak yang lebih panjang dari pada saat kondisi kering. Jarak pengereman harus diatur lebih jauh dari biasanya.

4. Hidupkan lampu day time (lampu kecil) saat berkendara di bawah hujan. Seringkali para pengemudi mobil menggunakan lampu hazards saat kondisi hujan. Ini salah. Karena lampu hazards dapat mengganggu pandangan pengemudi lainnya, apalagi saat hujan.

5. Jika terjebak banjir dan mobil masih hidup segera matikan mesin mobil, cabut accu, dorong mobil ke tempat yang aman.

6. Jika mobil tidak bisa dievakuasi saat banjir, segera tutup ujung knalpot, cabut aki, dongkrak mobil dan ganjal dengan jack stand.

7. Jangan langsung menyalakan mobil yang sempat terendam banjir. Periksa saringan udara, perlengkapan kelistrikan, oli, hingga pengapian. Agar lebih aman hubungi teknisi atau asuransi.

8. Waspada! Pastikan mobil Anda sudah diasuransikan. Cek polis asuransi Anda apakah sudah ada perluasan jaminan untuk risiko angin topan, badai, banjir & tanah longsor. Jika belum ada, segera hubungi perusahaan asuransi. Jangan lupa simpan nomor telepon penting untuk bantuan darurat di jalan. Untuk pelanggan Garda Oto bisa menghubungi nomor 1 500 112 selama 24 jam.

Selain itu, khusus untuk pelanggan Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra ini telah mempersiapkan beberapa tindakan pencegahan menghadapi musim hujan. Seperti mengingatkan pelanggan melalui SMS blast dan aplikasi Garda Mobile Otocare tentang kiat mengamankan kendaraan dari banjir, pembentukan tim darurat banjir, hingga penyiagaan bantuan darurat di jalan Garda Siaga Emergency Roadside Assistance (ERA) serta Emergency Medical Assistance (EMA). [Amo/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang