Renault Triber Calon Lawan Avanza dan Xpander Akan Punya Banyak Varian

Berita Otomotif

Renault Triber Calon Lawan Avanza dan Xpander Akan Punya Banyak Varian

JAKARTA - Renault Triber, yang kemungkinan besar bakal semurah model-model low cost green car (LCGC), akan punya cukup banyak varian untuk ditawakan kepada konsumen Indonesia.

Triber nantinya menjadi model pertama yang Renault pasar setelah operasionalnya di negeri ini beralih dari Indomobil Group ke Maxindo Nusantara Group per Februari 2019. Peluncuran Triber di negeri ini bakal terjadi pada Juli mendatang atau selang sebulan dari debut globalnya di India pada 19 Juni.

“Pengenalannya akan terjadi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Tapi penjualannya mulai kapan, saya belum bisa ngomong sekarang,” Davy J. Tuilan, Chief Operating Officer PT. Maxindo Renault Indonesia (MRI).

Kendaraan yang menggunakan platform sama dengan Renault Kwid serta Datsun Redi-Go di India ini nantinya ditaruh di segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Di kelas tersebut terdapat nama-nama besar seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, atau sang kuda hitam Wuling Confero.

“Triber akan mendemokratisasi (fitur-fitur) kenyamanan dan keselamatan di segmen LMPV, dengan harga terjangkau. Sedikit-banyak, itulah strateginya,” akunya.

Ia lalu menerangkan bahwa Triber akan terdiri cukup banyak opsi trim (trim level). Hal ini amat wajar, bahkan perlu dilakukan di segmen LMPV.

“Kalau teman-teman perhatikan di data Gaikindo, untuk mobil-mobil sekelas itu, variannya banyak. Ini karena segmennya besar dan kebetulan bisa dipotong-potong menjadi segmen lebih kecil serta banyak variasinya. Ada konsumen dengan pertimbangan yang penting murah. Ada yang minta mobil murah tapi maunya tetap trendy. Banyak banget variasinya. Jadi kami harus ikuti keinginan pasar sehingga nanti pun variannya cukup banyak,” papar pria yang malang-melintang di berbagai merek roda empat tersebut.

Triber untuk Indonesia nantinya diimpor utuh (Completely Built-Up/CBU) dari India. Spesifikasi belum terungkap, tapi konon menurut media-media massa di sana mesinnya terdiri dari 1.2-liter atau 1.0-liter turbo.

Tidak ada pilihan mesin diesel. Harga varian terbawah Triber di ‘Negeri Taj Mahal’ digadang-gadang sekitar Rp 114 juta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support