Diam-diam, Toyota Yaris Cross Ternyata Sudah ‘Masuk’ Indonesia

Berita Otomotif

Diam-diam, Toyota Yaris Cross Ternyata Sudah ‘Masuk’ Indonesia

JAKARTA – Secara fisik, Toyota Yaris Cross mungkin memang belum hadir di Indonesia. Namun, hak paten desainnya sudah dimasukkan dan didaftarkan terlebih dahulu di Kementerian Hukum dan HAM negara ini.

Anda yang senang dengan Yaris Cross sekarang bisa lebih berharap model tersebut kelak dijual di pasar otomotif Tanah Air.

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com di situs Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham RI, Toyota Jepang sudah mematenkan desain dari salah satu SUV terbaru mereka ini di Indonesia.

Temuan tersebut memang belum bisa dijadikan jaminan bahwa Toyota pasti akan meluncurkannya di Indonesia. Akan tetapi, langkah Toyota tersebut tentu saja makin ‘mendekatkan’ Yaris Cross—pesaing Honda HR-V serta Mazda CX-3—dengan jagat otomotif Tanah Air.

Desain Yaris Cross, berdasarkan salinan berita resmi DJKI No.42/DI/2020 yang dipublikasikan pada 2 September 2020, diajukan oleh Toyota dengan Nomor Permohonan A00202000566. Meski tidak menyebut nama modelnya, lekuk-lekuk bodi dari SUV yang tampak di gambar benar-benar sama dengan desain luar dari Yaris Cross.

hak paten desain Toyota Yaris Cross di Indonesia

Nama pemohonnya adalah Toyota Jidosha Kabushiki Kaisha. Para pendesain dari mobil ini, seperti yang dipaparkan dalam data, adalah Hideaki Iida, Jun Takahashi, Yoshikazu Shoji, Maki Kobayashi.

Sebelumnya, di sela-sela konferensi pers virtual peluncuran Yaris facelift pada September 2020, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengakui bahwa pihaknya akan mempelajari potensi menjual Yaris Cross di Indonesia.

“Saya belum dapat banyak informasi (permintaan/masukan—Red) ya dari diler-diler atau para konsumen. Kami akan mempelajari kira-kira bagaimana prospeknya,” pungkas Anton kala itu.

Toyota Yaris Cross

Yaris Cross sendiri awalnya ingin menjalani debut global di Eropa, tepatnya di Geneva Motor Show 2020. Akan tetapi, karena pandemi Covid-19, debutnya akhirnya hanya berlangsung secara virtual.

Versi crossover dari Yaris ini antara lain menyasar pasar ‘Benua Biru’. Selain itu, Toyota memasarkannya pula di negara asalnya di Jepang.

Yaris Cross dibuat dengan memanfaatkan platform TNGA-B.

Pilihan mesinnya ada dua, yakni bensin 1.5-liter atau hybrid dengan mesin 1.5-liter ditambah baterai dan motor penggerak listrik.

Untuk transmisi, dibenamkan opsi manual enam percepatan, Direct Shift CVT, maupun e-CVT. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar