Toyota Veloz 2022, Saudara Avanza yang Lebih Sporty dan Canggih

Berita Otomotif

Toyota Veloz 2022, Saudara Avanza yang Lebih Sporty dan Canggih

Toyota Veloz tahun 2022 ini menjadi salah satu Low MPV yang masih menyita perhatian publik sangat besar menyusul peluncurannya yang dilakukan 2021 lalu. Wujud All New Toyota Veloz wajar jadi perbincangan mengingat pada generasi terbarunya sekarang sangat berbeda dari spesifikasi hingga harga dengan saudaranya, All New Avanza.

Jelang tutup 2021 Toyota meluncurkan All New Veloz. MPV 7-seater ini dirilis berbarengan dengan saudaranya yaitu All New Avanza. Bersamaan dengan momen tersebut Toyota menegaskan bahwa Avanza dan Veloz sudah dipisah. Kini, Avanza dan Veloz menjadi brand tersediri di segmen Low MPV. 

Sebelumnya Veloz dikenal sebagai tipe tertinggi dari Avanza, maka tak heran dahulu disebut Avanza Veloz.

Walaupun sekarang dipisah, tapi keduanya masih dibangun di atas platform yang sama.

Berhubung masih saudara dekat, ada beberapa spesifikasi Avanza yang juga bisa ditemukan di Veloz. 

Ingin tahu lebih lanjut mengenai Toyota Veloz? Berikut ulasannya.

All New Avanza dan All New Veloz

Sejarah Toyota Veloz

Nama Veloz pertama kali muncul pada 2011. Ketika itu Veloz merupakan varian baru dari Toyota Avanza generasi kedua, menggantikan varian S dari generasi sebelumnya, dan mengemban mesin 1.500 cc.

Saat itu, yang membedakan Toyota Avanza Veloz dengan varian lainnya ada pada fitur keamanan ABS.New Avanza-Veloz 2019

Facelift kedua terjadi pada 2019, ketika banyak perubahan terjadi pada tampilan luar Avanza, mulai dari fascia depan, headlamp, belakang, dan lainnya. Begitu juga dengan varian Veloz, terdapat beberapa tambahan yang tidak ada pada varian Avanza lainnya, seperti auto retractable outer mirror, keyless entry dan tombol start engine.

Avanza Veloz varian Gazoo Racing (GR) limited diluncurkan pada Agustus 2021. Tentu dengan tambahan bodykit ala GR, mirror cover warna hitam, dan juga veleg alloy. Avanza Veloz GR tersedia dalam dua pilihan mesin, 1.3 liter dan 1.5 liter.

Generasi ketiga Toyota Avanza diluncurkan pada akhir 2021. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD), mobil generasi ketiga ini memakai sistem penggerak roda depan (FWD).

Mendaratnya generasi ini juga menjadi momen nama Veloz berpisah dari Avanza dan menjadi model tersendiri, yaitu Toyota Veloz. Memasuki tahun 2022, Veloz dipasarkan di Indonesia sebagai piihan alternatif dari Avanza.

Karena berpisah nama, Veloz diberikan tampilan baru agar menjadi pembeda dari Avanza. Dengan treatment redesain pada bagian bumper, kap mobil, serta tambahan roof rail, Veloz menjadi lebih gagah dan sporty layaknya mobil crossover. Veloz juga dibekali satu tipe mesin berkapasitas 1.5 liter.

Harga Veloz 2022

Toyota Veloz terbaru memiliki tiga varian yang dibedakan dari sistem transmisinya, yaitu varian transmisi manual (MT Type) dan dua varian transmisi otomatis (Q CVT Type), dengan model tertinggi dilengkapi fitur Toyota Safety Sense (TSS).

Berikut adalah harga terbaru masing-masing varian Veloz di tahun 2022 (OTR Jakarta)

  • Toyota Veloz MT Type mulai dari Rp286 juta
  • Toyota Veloz Q CVT Type mulai dari Rp309,1 juta
  • Toyota Veloz Q CVT TSS Type mulai dari Rp331 juta.

All New Veloz

Toyota Veloz baru diluncurkan pada akhir 2021 lalu, sehingga untuk harga bekasnya tidak beda jauh dari harga sekarang. Di listing Mobil123.com banderol harga Veloz bekas mulai dari Rp280 juta.

Beda ceritanya jika bicara tentang harga bekas Avanza Veloz. Terpantau di Mobil123.com, terdapat sekitar 500-an unit Avanza Veloz bekas siap untuk dibeli. Berikut adalah kisaran harga bekasnya untuk masing-masing tahun produksi:

  • Toyota Avanza Veloz Bekas tahun 2011 mulai dari Rp112 juta hingga Rp115 juta
  • Toyota Avanza Veloz Bekas tahun 2012 mulai dari Rp109 juta hingga Rp145 juta
  • Toyota Avanza Veloz Bekas tahun 2013 mulai dari Rp112,5 juta hingga Rp137 juta
  • Toyota Avanza Veloz Bekas tahun 2014 mulai dari Rp115 juta hingga Rp160 juta
  • Toyota Avanza Veloz Bekas tahun 2015 mulai dari Rp132 juta hingga Rp165 juta
  • Toyota Avanza Veloz Bekas tahun 2016 mulai dari Rp135 juta hingga Rp165 juta
  • Toyota Avanza Veloz Bekas tahun 2017 mulai dari Rp147 juta hingga Rp178 juta
  • Toyota Avanza Veloz Bekas tahun 2018 mulai dari Rp156,7 juta hingga Rp190 juta
  • Toyota Avanza Veloz Bekas tahun 2019 mulai dari Rp183,9 juta hingga Rp210,5 juta
  • Toyota Avanza Veloz Bekas tahun 2020 mulai dari Rp179 juta hingga Rp219 juta
  • Toyota Avanza Veloz Bekas tahun 2021 mulai dari Rp210 juta hingga Rp235 juta.

Toyota Veloz Bekas

Spesifikasi Veloz

Eksterior

Dari segi ukuran, Veloz 2022 terbilang bongsor seperti mobil crossover. Memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm, serta jarak sumbu roda 2.750 mm dan ground clearance setinggi 205 mm.

Seperti yang disebutkan tadi, desain luar Veloz dibuat berbeda dari Avanza agar terlihat lebih sporty. Di bagian fascia dilengkapi grille besar berbentuk trapesium dan bumper baru, serta headlamp LED bersama lampu sein dan fog lamp yang baru.

Berpindah ke samping, ada New Chrome Window Belt, Fender Line dengan desain baru, dan New Roof Rail yang membuat tampak mobil lebih tajam dan aerodinamis. Ditambah lagi dengan New Side Stone Guard di bagian bawah belakang mobil, kaca spion samping yang auto retractable, serta veleg yang berupa New 16” Alloy Wheel (MT Type) atau New Tough 17” Alloy Wheel (Q Type) sebagai pijakan mobil.

All New Veloz

Sisi belakang Veloz disematkan New Sturdy Rear Bumper dan Rear Combination Lamp dengan Full Backdoor LED.

Interior

Masuk ke dalam kabin Veloz terlihat mewah dan nyaman dengan kombinasi warna hitam dan abu-abu, ruangnya juga sangat luas dan dapat menampung 7 penumpang dewasa. Jok mobil juga berkesan nyaman dengan paduan material kulit dan kain, dan bisa diatur menyerupai tempat tidur.

Di sisi dasbor pun juga memiliki desain yang mewah dan futuristik, termasuk sentuhan New Vibrant Illumination Light di bagian panel depan dan samping, didukung oleh New High Position Console.

Di Bagian pengemudi, odometer sudah terlihat canggih dengan adanya New Advance 7” Digital TFT Display yang memberikan informasi performa mobil dengan mudah. Lalu pada setirnya juga terlihat mahal, berupa setir tilt and telescopic berbahan kulit yang dilengkapi tombol-tombol pengatur audio dan MID.

Interior All New Veloz

Ada juga fitur-fitur hiburan dan kenyamanan lain yang dapat membuat pengalaman berkendara lebih enak, seperti New Integrated 9” Head Unit di atas dasbor, New Rear Seat Entertainment yang dipasang di langit-langit mobil, New Auto A/C, Push Star Button untuk menyalakan mesin, Electric Parking Brake berupa tombol, dan Ada juga Wireless Charger

Mesin & Suspensi

Jantung pacu besi yang disematkan pada Toyota Veloz sama di semua variannya, yaitu Tipe mesin 2NR-VE kapasitas 1.496 cc, 4 silinder segaris, 16 katup DOHC Dual VVT-i. dengan mesin tersebut, Veloz dapat menghasilkan tenaga sebesar 106 PS pada 6.000 rpm, dan torsi paling tinggi 14 Kgm per 4.200 rpm.

Untuk segi bahan bakarnya menggunakan sistem injeksi bahan bakar elektronik, dan tangka bensin mampu menampung 43 liter bahan bakar. Transmisi yang tersedia ada manual 5-percepatan dan otomatis CVT tergantung variannya.

Di sisi suspensi, bagian depan Veloz dilengkapi MacPherson Strut, sedangkan suspensi belakang mobil berupa Torsion-Beam. Rem depan dan belakangberbentuk disc berukuran 15 inci, sementara rem parkir berupa elektrik dengan auto brake hold.

Fitur Keamanan Toyota Veloz

Varian tertinggi dari Veloz 2022 dilengkapi oleh sistem keamanan canggih dari khas Toyota bernama Toyota Safety Sense (TSS).

Fitur-fitur canggih tersebut diantaranya:

  • Pre-Collision Warning & Braking berupa radar untuk mendeteksi mobil di depan
  • Front Departure Alert untuk mengingatkan pengemudi apabila mobil di depan sudah jalan
  • Pedal Misoperation Control untuk mencegah tabrakan apabila pedal gas ditekan secara tidak sengaja,
  • Lane Departure Warning & Prevention untuk menghindari mobil keluar jalur
  • Rear Crossing Traffic Alert untuk memberi peringatan adanya potensi tabrakan ketika berjalan mundur
  • Blind Spot Monitoring, penanda pada kaca spion samping untuk memberitahu adanya kendaraan di sisi blindspot mobil
  • 6 airbags D/P/S/C

Selain TSS, ada juga fitur keamanan lain yang juga tersedia di semua varian Veloz, seperti ABS/EBD/BA, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, dan All Round View Camera (hanya Q type).

Front Departure Alert

Kelebihan & Kekurangan Veloz

Toyota Veloz 2022 memiliki sejumlah kelebihan. Satu yang paling ketara adalah tampilannya yang lebih keren dan modern.

Di bagian fascianya disematkan kombinasi grille besar berbentuk trapezium dan headlamp LED, fender line dan roof rail di atas mobil, serta bumper dan combination lamp full LED di bagian belakang membuat Veloz tampak gahar.

Selain itu, ukurannya yang besar dan mampu menampung 7 orang dewasa, membuat mobil ini cocok untuk dipakai kalangan keluarga.

Poin plus lainnya adalah fitur-fitur keamanannya yang sangat canggih dan lengkap, terutama untuk varian tertinggi yang disematkan fitur TSS, membuat pengalaman mengendarai Veloz semakin aman dan nyaman.

Transisi sistem penggerak dari roda belakang (RWD) ke roda depan (FWD) juga menjadi sebuah keunggulan untuk Veloz. Dengan sistem penggerak ini, transfer tenaga mesin ke roda menjadi lebih efisien sehingga tarikannya lebih responsif.

Meski begitu, bukan berarti Toyota Veloz merupakan mobil yang sempurna. Ada beberapa nilai kurang yang dimiliki mobil ini.

Yang pertama, Harga dari Toyota Veloz termasuk yang tertinggi di antara kompetitornya. Misalkan, harga OTR Jakarta untuk varian tertinggi Veloz adalah Rp331 juta.

Sementara itu, Harga OTR Jakarta Mitsubishi Xpander Ultimate CVT ssebesar Rp307 juta, lalu All New Suzuki Ertiga GX AT berkisar Rp269,8 juta, kemudian All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA SC dibanderol Rp274,1 juta.

Bahkan “saudara kandung”-nya sendiri, All New Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS, memiliki harga yang lebih murah yaitu Rp 295,8 juta.

Mungkin memang harga Veloz menjadi lebih mahal karena melimpahnya fitur-fitur yang disematkan, yang mana membawa kita ke kekurangan Veloz berikutnya. Dari sekian banyak fitur canggih yang dipasang, Veloz tidak memiliki fitur cruise control.

Fitur cruise control dapat memudahkan pengemudi berkendara dalam jalan bebas hambatan, yang mana tidak perlu menginjak gas atau rem untuk melaju atau melambat. Fitur ini banyak ditemukan di mobil-mobil modern.

Namun tidak ditemukan di Toyota Veloz. Dan melihat kekurangan sebelumnya menjadi sebuah dilema, yang mana jika pada Veloz ditambahkan lagi fitur cruise control dapat membuat harga semakin besar.

FAQ

Q: Ada berapa tipe Toyota Veloz?
A: Veloz 2022 tersedia dalam 3 varian, yaitu varian Manual (Veloz MT) dan dua varian otomatis (Veloz Q CVT), dengan yang tertinggi dilengkapi fitur TSS (Veloz Q CVT TSS).

Q: Berapa cc mesin mobil Veloz?
A: Semua varian Toyota Veloz dibekali satu tipe mesin, yaitu mesin 2NR-VE kapasitas 1.496 cc, 4 silinder segaris, 16 katup DOHC Dual VVT-i.

Q: Berapa harga Veloz 2022 varian termurah?
A: Varian terendah Toyota Veloz adalah Veloz MT, dibanderol harga sebesar Rp286 juta. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Andrew Barnabas Panggabean

Andrew Barnabas Panggabean

Seorang penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karier sebagai Content Writer di Gojek (2017-2019), lalu bergabung ke mobil123.com pada Desember 2021.


Berita Utama


Komentar