Toyota Umumkan Mesin dan Transmisi Baru hingga 2021

Berita Otomotif

Toyota Umumkan Mesin dan Transmisi Baru hingga 2021

TOKYO - Toyota memang telah mengumumkan bahwa pihaknya akan mulai fokus mengembangkan kendaraan listrik. Namun bukan berarti kendaraan dengan teknologi konvensional ditinggalkan begitu saja.

Hal ini ditunjukkan dengan diumumkannya pengembangan dari mesin yang akan digunakan untuk platform kendaraan TNGA (Toyota New Global Architecture). Toyota mengembangkan kembali mesin TNGA untuk memenuhi kebutuhan di negara-negara yang menekankan hukum terkait emisi dan penghematan bahan bakar,

Toyota pun berhasil mengembangkan mesin, transmisi dan sistem hybrid dengan satu tujuan yaitu mengurangi emisi CO2 hingga 15 persen pada tahun 2021 untuk seluruh pasar, termasuk Amerika Serikat.

Mesin pertama yang ditawarkan adalah mesin berkapasitas 2.500 cc direct injection. Dynamic Force Engine menjadi salah satunya. Pengembangannya pad mesin berkode 2AR-FXE dapat ditemukan di Toyota Camry Hybrid 2016. Mesin tersebut telah diadaptasi untuk arsitektur TNGA, Atkinson-cycle powerplat menawarkan efisiensi mencapai 41 persen bila menggunakan teknologi hybrid. Pengembangan selanjutnya akan dibenamkan untuk Toyota Camry Hybrid 2018 dan hanya akan memerlukan konsumsi BBM 17 km per liter.

Selanjutnya, Toyota mengumumkan dua transmisi otomatis terbarunya yaitu Direct Shift-8AT dan Direct Shift-10AT. Transmisi ini  akan tersedia pada mesin V8 di mobil Toyota Highlander 2017. Sementara untuk Direct Shift-10AT akan disematkan pada Lexus LC 500h 2017.

Insinyur Toyota akan mengambil langkah-langlah untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar untuk kedua transmisi tersebut. Patut diingat bahwa transmisi 10 percepatan akan diperuntukkan rear-wheel-drive (RWD).

Toyota juga terinspirasi dari teknologi yang digunakan oleh Prius generasi keempat yang  menggunakan sistem hybrid untuk mesin kendaraan bermesin 2.500cc. Mesin tersebut akan disebut Multistage THS II dan dikembangkan untuk kendaraan RWD. Mesin tersebut akan dikawinkan dengan baterai lithium-ion berkapasitas besar dan sanggup menempuh jarak hingga 60 km atau lebih. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123       
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual