Toyota: Ubahan Eksterior Hal Terpenting Bagi Avanza Terbaru

Berita Otomotif

Toyota: Ubahan Eksterior Hal Terpenting Bagi Avanza Terbaru

JAKARTA – Toyota mengatakan desain eksterior menjadi perubahan yang paling menentukan respons pasar jika Avanza terbaru hadir pada awal 2019.

Eksekutif Toyota di Indonesia masih diam seribu bahasa soal informasi yang mengatakan Avanza terbaru bakal hadir pada Januari 2019, bersama-sama dengan Daihatsu Xenia. Mereka menolak mengakui kabar tersebut.

Namun, jika berandai-andai bahwa hal itu terjadi, Toyota menegaskan bahwa tampilan luar paling penting untuk dipermak. Pasalnya, inilah yang diperhatikan oleh para konsumen multi purpose vehicle (MPV) berbanderol terjangkau.

“Ada satu fenomena menarik sekarang dari hasil survei kami di masyarakat bahwa konsumen memperhatikan bentuk luar. Jadi eksterior itu jadi merupakan faktor utama konsumen dalam memilih. Kalau ada model baru, mereka enggak melihat mesin, enggak melihat dalam. Bagian luar dulu mereka lihat. Kalau berubah, bagi mereka ini adalah ‘sesuatu’. Padahal bisa jadi mesin sama, interior sama,” papar Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor, Fransiskus Soerjopranoto, saat diwawancarai di sela-sela Temu Akhir Tahun Toyota dengan Media Massa pada Selasa (11/12/2018) malam.

Sekadar menyegarkan ingatan, kabar soal rencana peluncuran Avanza terbaru sendiri berhasil dikulik Mobil123.com dari dua dealer Toyota di area Jakarta. Menurut mereka, Avanza tersebut hanya mengalami ubahan minor khususnya pada eksterior dan bukan ubahan mayor.

Lebih lanjut, Soerjopranoto kembali berandai-andai bahwa jika Avanza teranyar lahir pada 2019, pihaknya tetap bakal mempertahankan sistem penggerak roda belakang. Soalnya, spesifikasi ini mereka klaim paling disukai konsumen.

“Kami bicara hasil survei. Survei kami mengatakan konsumen-konsumen MPV khususnya di kelas low sampai medium sangat suka ciri khas dari MPV yang sudah ada sekarang yaitu penggerak roda belakang. Studi mengatakannya seperti itu. Jadi, kalau Avanza baru hadir, kami masih bertahan dengan penggerak roda belakang,” tandas dia lagi.

Sayangnya Soerjopranoto menolak diajak berandai-andai soal fitur-fitur apa yang nantinya tetap ada atau bertambah  di Avanza termutakhir. Termasuk soal kemungkinan penambahan fitur keamanan.

“Kalau unsur keselamatan dan keamanan kami akan melihat apakah masyarakat Indonesia mengapresiasi fitur yang begitu lengkap. Tapi kami punya standar keselamatan minimum bagi model-model kami, seperti Rush saja, kan model ini lulus uji ASEAN NCAP,” tutupnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar