Toyota Supra Digeber Fernando Alonso dan Ini Komentarnya

Berita Otomotif

Toyota Supra Digeber Fernando Alonso dan Ini Komentarnya

SHIZUOKA – Toyota Supra digas dalam-dalam oleh Fernando Alonso di sebuah sirkuit. Generasi terbaru dari mobil sport legendaris Toyota ini ternyata cukup membuatnya terkesan.

Mantan pebalap Tim Ferrari di Formula One itu didaulat menjajal Supra di Fuji International Speedway, Jepang, yang dikenal memiliki kombinasi trek lurus dengan tikungan-tikungan berkecepatan tinggi. Videonya baru saja diunggah oleh akun resmi Toyota Gazoo Racing pada 1 Maret kemarin.

Supra sendiri lama ‘mati suri’, sebelum akhirnya dihidupkan kembali oleh Toyota. Pengembangannya dilakukan bersama-sama dengan BMW Z4.

Adapun debut global versi produksinya terjadi di awal 2019 dalam ajang Detroit Motor Show. Supra termutakhir diberkahi mesin bensin 3.0-liter, enam silinder, berdaya 335 hp plus torsi 500 Nm.

Sebagai padanan dari mesin tersebut, diberikanlah transmisi otomatis delapan percepatan dan transmisi manual masih dalam pengembangan. Akselerasi 0 – 100 km/jam bisa digapai dalam 4,3 detik dalam kondisi launch control aktif.

Alonso ‘mencicipi’ Supra sebanyak satu putaran dengan waktu 1 menit 59 detik. Ia mengendarainya sampai 246 km/jam.

Tentu saja, tidak mudah membuat dia terkesan karena pebalap asal Spanyol ini sudah terbiasa membawa ‘jet darat’ di Formula One. Mobil-mobil balapnya dipersenjatai dengan banyak teknologi terkini, bisa melaju lebih dari 370 km/jam, dengan daya pengereman yang bisa membuat Anda berada di daya gravitasi 5G.

Tapi nyatanya ia memuji Supra. Mobil ini disebut memiliki suara menyenangkan, punya stabilitas bagus di tikungan meski dalam kecepatan tinggi, asyik kinerja girboks maupun akselerasinya, plus memiliki fitur stability control serta traction control ciamik.

Mobil sport yang mesinnya disuplai oleh BMW itu pun dinilai punya keseimbangan baik sebagai mobil sport maupun kendaraan sehari-hari karena tidak terlalu rigid dan kaku.

“Pengeremannya tidak jelek, tidak jelek. Semoga Anda tidak sering melakukan pengereman berat seperti yang saya lakukan. Tapi, ketika dibutuhkan, kemampuan itu ada,” ujarnya setelah menginjak pedal rem dalam-dalam dari kecepatan di atas 200 km/jam hinga menjadi hanya sekitar 90 km/jam. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support