Toyota Sienta dengan Kursi Difabel Diperkirakan Hadir Tahun Depan

Berita Otomotif

Toyota Sienta dengan Kursi Difabel Diperkirakan Hadir Tahun Depan

JAKARTA – Toyota Sienta dengan fitur kursi yang ramah bagi difabel diprediksi sudah bisa hadir dan diproduksi di Indonesia pada tahun depan.

Sienta berspesifikasi spesial ini sudah dipamerkan dalam Indonesia Trade Expoe ke-33, Oktober kemarin di Serpong, Tangerang. Model yang sudah dirakit lokal di pabrik Toyota di Tanah Air tersebut diberikan penambahan berupa kursi penumpang depan yang bisa berputar ke arah luar hingga 75 derajat sehingga para difabel maupun orang lanjut usia lebih mudah masuk ke dalam kabin. Dengan kursi belakang yang bisa dilipat rata dengan lantai saat dibutuhkan, kursi roda bisa ditaruh dengan leluasa.

Ketika dimintai keterangan soal perkembangannya, eksekutif pabrikan Toyota di Indonesia mengatakan bahwa pihaknya memang berencana membuat mobil-mobil bagi mereka yang mempunyai kebutuhan khusus.

“Ini, kan, sejalan dengan kampanye global kami ‘Start Your Impossible’. Nanti kami akan mendesain beberapa produk untuk orang-orang berkebutuhan khusus. Ini bagian dari inclusive mobility,” ujar Bob Azzam, Director of Administration, Corporate, and External Affairs PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ketika diwawancarai di sela-sela Temu Akhir Tahun Toyota dengan Media Massa, belum lama ini di Jakarta.

Sementara ini, model yang hampir pasti ditambahkan dengan fitur ramah difabel adalah Sienta. Bob mengungkapkan pihaknya juga melakukan studi untuk model-model lain. Toyota meyakini kebutuhan terhadap kendaraan dengan fitur tersebut bakal meningkat di masa depan.

“Sementara ini baru Sienta. Kami juga mempelajari kemungkinan untuk Kijang Innova memakai fitur itu dari bagian belakang. Kalau Sienta, kan, dari sisi samping,” bebernya.

Bob berharap pada tahun depan pihaknya sudah bisa memproduksi Sienta ramah difabel tersebut.

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber, dalam Indonesia Trade Expo, TMMIN sempat mengatakan keinginan memasarkan Sienta ramah difabel tak hanya di pasar Indonesia, tapi juga di pasar ekspor. Namun, pemasaran di pasar Indonesia tergantung pada agen pemegang merek PT. Toyota Astra Motor (TAM).

TMMIN sendiri sudah menawarkannya ke beberapa negara seperti Singapura maupun Thailand.

Sebagai informasi, studi pasar untuk mobil ramah difabel di Indonesia bukan hanya dilakukan Toyota. Suzuki pun melakukannya. Pabrikan ini sudah memamerkan Suzuki Ertiga Support Concept dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar