Toyota Siap Bantu Pindad Penuhi Pesanan 500 Rantis Maung, Kalau Diajak

Berita Otomotif

Toyota Siap Bantu Pindad Penuhi Pesanan 500 Rantis Maung, Kalau Diajak

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM )siap mendukung Pindad dalam memenuhi pesanan ratusan unit kendaraan taktis (rantis) Maung dari Menteri Pertahanan Prabowo SUbianto, jika memang mereka diajak berkolaborasi.

Seperti diketahui, pada 13 Juli 2020 kemarin, Prabowo sempat mencoba kemampuan prototipe rantis bernama Maung bikinan Pindad. Kendaraan berpenampilan garang ini sendiri menggunakan mesin milik Toyota Hilux.

Sang menteri kemudian memesannya. Tak tanggung-tanggung, dikabarkan ada 500 unit yang ia minta.

Agen pemegang merek Toyota di Nusantara, di sisi lain, hingga kini masih menunggu komunikasi dari Pindad. Sejauh ini mereka belum ‘disenggol’ baik oleh Pindad maupun pemerintah.

“Soal Pindad, kalau ada permintaan dari pemerintah, tentu TAM akan mempelajari bagaimana untuk bisa mendukung. (Komunikasi) secara resmi masih kami tunggu,” ucap Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran TAM kepada Mobil123.com via pesan singkat pada Rabu (22/7/2020).

Karena itulah, Anton belum bisa memastikan pihaknya butuh waktu berapa lama untuk mengadakan pengadaan unit Hilux atau mesinnya saja, demi memproduksi 500 rantis Maung pesanan Prabowo. Menurut dia, jika ada permintaan dukungan mengenai itu yang masuk, mereka mesti mempelajari detail proposalnya dulu.

“Harus kami pelajari dulu, detailnya seperti apa dan lain-lain. Tentu saja, komunikasi juga dengan prinsipal,” lanjut dia.

Perihal pembuatan prototipe Maung yang dijajal Prabowo sendiri, Toyota sama sekali tidak tahu-menahu. Pindad tidak menggandeng merek asal Jepang ini dalam prosesnya.

“Mungkin karena masih prototipe, ya,” jawab Anton menduga-duga.

Sebagai informasi, Maung adalah kendaraan yang bisa digunakan oleh pasukan infantri karena daya jelajah tinggi di medan offroad maupun onroad. Kecepatan amannya mencapai 120 km per jam.

Kendaraan berjarak tempuh hingga 800 km itu bisa ditambahkan dengan berbagai persenjataan. Di antaranya braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi, tracker kendaraan, serta perlengkapan lainnya.

Adapun mesin Hilux yang dipakai berkode  2GD-FTV 2.4-liter. Gelontoran daya maksimalnya mencapai 148 hp, dengan torsi puncak 400 Nm. Double-Cabin Toyota itu sendiri tidak diproduksi lokal di Tanah Air. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar