Toyota Rayakan 50 Juta Penjualan Corolla dengan Peluncuran Komik Manga

Berita Otomotif

Toyota Rayakan 50 Juta Penjualan Corolla dengan Peluncuran Komik Manga

JAKARTA – Tahun ini menjadi tonggak sejarah bagi Toyota Corolla karena telah mengukuhkan statusnya sebagai mobil paling populer di dunia dengan melampaui angka penjualan 50 juta unit pada 2021. Di Jepang, Toyota merayakan pencapaian tersebut dengan merilis serial komik manga secara online.

Dikutip dari Carscoop, Senin (3/1/2022), Toyota menyoroti momen Corolla dalam sejarah. Menceritakan sebuah kisah di setiap dekade, dimulai sejak tahun 60-an dan terus berjalan hingga sekarang. Setiap cerita terinspirasi oleh berbagai foto yang dikirim oleh pemilik dan penggemar yang lalu dianimasikan dalam gaya seni populer.

Selain bercerita tentang mobil, di dalam manga juga menceritakan sejarah budaya otomotif Jepang era 60-an. Banyak keluarga Jepang tidak hanya mendapatkan mobil pertama mereka, tetapi juga TV berwarna dan AC rumah untuk pertama kalinya.

Komik manga dimulai ketika ayah pulang dengan Corolla E10 baru, tetapi istrinya khawatir mobil itu didapat dari anggaran rumah tangga mereka. Namun, sang ayah memutuskan untuk mengajak keluarganya jalan-jalan keesokan harinya, sebuah pengalaman baru bagi kebanyakan orang Jepang saat itu. Semua senang, sampai istri lupa tentang besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membeli mobil.

Di era 80-an, menceritakan kisah seorang pria yang membeli AE86 untuk memenuhi mimpinya menjadi pembalap mobil. Dan kisah sang pacar yang yang menganggap mobil itu “imut”.

Pada era 2020-an, cerita menjadi fokus pada teknologi mobil modern seperti halnya kinerja. Toyota memperkirakan bahwa satu dari setiap mobil yang terjual adalah Corolla dan sekitar satu mobil terjual setiap 15 detik. Karena itu tidak mungkin ada mobil yang bisa mengejar.

Saat ini, belum ada kabar apakah Toyota akan merilis versi cetaknya. Toyota juga menandai Corolla ke-50 juta dengan merilis tiga varian mobil edisi khusus di Jepang. (tih/dms)



Ratih Paramitha

Ratih Paramitha

Mulai meniti karir menjadi Jurnalis sejak 2013 di Sinar Harapan kemudian di Jawa Pos Koran (2015-2021). Ber-elemen air, nggak bisa nolak kalau diajak ke pantai. Meski otomotif selalu identik dengan laki-laki, tetapi bukan berarti perempuan tak perlu mempelajarinya.


Berita Utama


Komentar