Toyota Prius PHEV Kemungkinan Dijual di Indonesia Akhir 2019

Berita Otomotif

Toyota Prius PHEV Kemungkinan Dijual di Indonesia Akhir 2019

TANGERANG - Toyota mengungkapkan rencana meluncurkan dan menjual Prius PHEV di Indonesia. Waktunya bisa jadi tahun ini.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), menerangkan bahwa pihaknya saat ini sedang berdiskusi dengan prinsipal mengenai rencana mendatangkan Prius PHEV ke Indonesia. Agen pemegang merek Toyota di Tanah Air itu tinggal menantikan lampu hijau dari Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang.

“Posisinya saat ini kami sedang meminta ke TMC untuk secepatnya bisa meluncurkan Prius PHEV di sini. Tapi, kami masih menunggu persetujuan dari mereka,” ucap Anton menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, 18 - 28 Juli di Serpong, Tangerang.

Toyota pada tahun ini sudah meluncurkan model berbahan bakar alternatif baru yakni C-HR hybrid. Usai peluncuran sport utility vehicle (SUV) tersebut, Anton membeberkan bahwa masih ada lagi model hybrid yang ingin mereka perkenalkan di 2019.

Prius PHEV GR Sport menjadi salah satu mobil eksebisi Toyota dalam pameran tersebut. Selain itu, ada pula mobil balap T050 Hybrid plus mobil hidrogen Fine-Comfort Ride (F-CR).

Anton menerangkan pihaknya sudah mengimpor beberapa unit Prius PHEV. Akan tetapi, impor dilakukan untuk studi.

“Begitu prinsipal memberikan persetujuan, segera kami perkenalkan. Kalau bisa di tahun ini, maka (peluncuran) akan di tahun ini,” tandas Anton.

Toyota sebenarnya sudah menjual Prius hybrid generasi kedua di Indonesia sejak 2009. Model ini dilanjutkan dengan Camry hybrid, Alphard hybrid, plus C-HR hybrid.

Baik mobil hybrid maupun plug-in hybrid (PHEV) sebenarnya masih memadukan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine/ICE) dengan baterai plus motor listrik. Namun, PHEV bisa dicas baik di steker rumahan atau di stasiun fast charging sehingga semakin mirip mobil listrik murni.

“Populasi Prius hybrid di Indonesia enggak begitu banyak. Penjualannya saja mungkin hanya 1 - 2 unit setiap tahun. Setahun belakangan ini malah sudah tidak ada lagi penjualan Prius hybrid karena kami lebih fokus ke Camry hybrid, Alphard hybrid, C-HR hybrid. Sebenarnya kami tidak pernah bilang berhenti menjual Prius hybrid karena model ini sifatnya spot order. Kalau memang ada yang pesan baru kami datangkan. Kami tidak menyediakan stok,” papar Anton lagi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar