Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Perkenalkan Calon ‘Adik’ bZ4X, Harganya bakal Lebih Murah?

Berita Otomotif

Toyota Perkenalkan Calon ‘Adik’ bZ4X, Harganya bakal Lebih Murah?

LOS ANGELES – Toyota bZ Compact SUV menjalani debut global di Amerika Serikat. Dari sisi dimensi, mobil konsep ini lebih kecil ketimbang Toyota bZ4X yang sudah dijual massal.

bZ Compact SUV, seperti dikutip dari Car and Driver pada Kamis (17/11/2022), diperkenalkan pertama kalinya kepada publik dunia dalam Los Angeles Auto Show 2022. Meski belum dijelaskan mengenai masa depannya, model tersebut bisa saja bakal menjadi mobil listrik Toyota selanjutnya di pasar otomotif dunia.

Dari sisi tampilan, bZ Compact SUV memperlihatkan desain lebih futuristik, lebih ‘galak’, serta lebih ‘tajam’ dari bZ4X.

Toyota bZ4X

Kendati begitu, ukuran bZ Compact SUV lebih mungil daripada sang ‘kakak’ yang baru saja meluncur di Indonesia pada 10 November 2022 kemarin dengan harga on the road (OTR) Jakarta Rp1.199.000.000.

Panjangnya, misalnya, lebih pendek 6 inci (sekitar 152 mm) daripada bZ4X, menjadi 178,6 inci (4.536 mm). Tinggi bZ Compact SUV pun kurang 3,6 inci (91 mm) dari sang ‘kakak’.

Adapun wheelbase (jarak sumbu roda) bZ Compact SUV 108 inci (2.743 mm), sementara bZ4X 112,2 inci (2.850 mm). Lebarnya, di sisi lain, lebih unggul 1,1 inci (27 mm).

mobil listrik Toyota bZ Compact SUV

Interior bZ Compact SUV berkesan simpel serta lugas. Setirnya yang berbentuk persegi panjang lengkung mengingatkan pada kendaraan di film-film fiksi ilmiah.

Di depan kemudi, terdapat dua buah layar dengan lekuk yang luwes. Seluruh jok kursi dibuat dari bahan baku tanaman ditambah material daur ulang.

Warna kabin bernuansa abu-abu, dengan sentuhan Ambient Light sebagai pelengkap. Sisi futuristik bZ Compact SUV diparipurnakan dengan keberadaan asisten virtual bernama ‘Yui’ yang bisa merespons perintah suara.

mobil listrik Toyota bZ Compact SUV

Sayangnya, Toyota sama sekali tidak menyediakan informasi terkait dapur pacu bZ Compact SUV. Mereka hanya mengatakan bahwa model purwarupa satu ini merupakan mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) seperti bZ4X.

Lalu, rasa berkendaranya diklaim menyenangkan, dengan performa yang trengginas.

Toyota tahun lalu menyatakan bakal meluncurkan 30 model mobil listrik secara global sampai 2030. Ada di antaranya yang mengusung emblem bZ, yang berarti ‘Beyond Zero’.

Mari, kita tunggu saja kapan versi produksi bZ Compact SUV akan hadir untuk menemani bZ4X. Menarik pula menantikan apakah harga jualnya kelak lebih murah. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang