Toyota Pede Bisa Ekspor Lebih Banyak Mobil 'Made In' Indonesia

Berita Otomotif

Toyota Pede Bisa Ekspor Lebih Banyak Mobil 'Made In' Indonesia

JAKARTA - Toyota telah sukses mengirim mobil 'Made In Indonesia' ke berbagai negara. Tahun ini, akselerasi ekspor mobil Toyota buatan Indonesia pun diprediksi akan tetap terjadi.

PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menjelaskan kalau ekspor mobil utuh (CBU - Completely Build-Up) bermerek Toyota berhasil melampaui target 30 persen, yaitu 160.000 unit atau 35 persen lebih tinggi dari angka 118.000 unit di 2013.

Sementara itu persentase produksi untuk pasar ekspor di pabrik-pabrik TMMIN telah mendekati 50 persen, meningkat hampir 10 persen dari tahun sebelumnya.

“Menggunakan asumsi moderat, kinerja ekspor 2015 diperkirakan akan relatif sama dengan 2014, bertumbuh sekitar 10 persen. Ini dilatarberlakangi oleh fokus kami untuk mematangkan pasar-pasar yang baru  dijangkau tahun lalu,” kata Vice President TMMIN Warih Andang Tjahjono.

Selain itu kondisi pasar global atau ekspor diperkirakan tidak akan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Bahkan untuk pasar tertentu seperti negara-negara Teluk atau Timur Tengah diperkirakan pertumbuhan ekonominya akan stagnan karena melemahnya harga minyak dunia.

Pada 2015 ini TMMIN juga akan lebih memperhatikan aspek daya saing terutama dalam menghadapi pasar bebas ASEAN. “Dalam kaitan itu, pengembangan Sumber Daya Manusia atau people development akan mendapat perhatian lebih intens lagi.”

"SDM kita di Indonesia saat ini dibayar lebih mahal dari Thailand," lugas Director Administration Bob Azam.

Dari total ekspor mobil utuh merek Toyota di tahun 2014, Fortuner menyumbang lebih dari 54.000 unit, Vios sekitar 28.000 unit, Innova di angka lebih dari 15.000 unit, Avanza dengan 37.000 unit, dan Toyota LiteAce sebesar 14.000 unit. Model lain yang diekspor adalah Agya, Yaris, dan Rush.

Sementara itu ekspor dalam bentuk terurai Complete Knock Down (CKD) mencapai 42.000 unit, ekspor mesin sebesar 52.000 unit, komponen mesin di angka 100.000 unit, dan komponen mobil tercatat sebesar 62 juta komponen. TMMIN juga melakukan ekspor alat bantu produksi, jig dan dies, ke negara-negara di kawasan Asia, Amerika Latin, dan Afrika. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual