Toyota Pastikan Mobil-mobilnya Telah Memiliki Fitur Keselamatan

Berita Otomotif

Toyota Pastikan Mobil-mobilnya Telah Memiliki Fitur Keselamatan

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim bahwa mobil-mobilnya, khususnya Toyota Fortuner telah dilengkapi sejumlah fitur keselamatan untuk mengurangi resiko kecelakaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Executive General Manager Toyota Astra Motor, Fransiskus Soerjopranoto di sela-sela peresmian dealer Auto2000 Grand Depok City. Fitur-fitur keselamatan tersebut sudah tersedia mulai dari sistem keselamatan pasif maupun aktif.

“Mobil sudah dirancang sedemikian rupa untuk melindungi penumpang. Misalnya dari strukturnya, kami sudah membuatnya agar bisa meredam tumbukan. Kami juga menyediakan airbag untuk melindungi penumpang depan dan pengemudi,” tambah Soerjo.

Ia pun menambahkan bahwa tidak mengembangnya airbag dalam beberapa kasus kecelakaan adalah karena sensor yang berfungsi untuk mengembangkan airbag tidak terkena benturan.

“Tidak perlu mobil melaju kencang kemudian kecelakaan untuk mengembangkan airbag. Bisa saja mobil dengan kecepatan rendah dan kecelakaan airbagnya mengembang, itu tergantung dengan kena tidaknya sensor airbag,” tambah Soerjo.

Baca juga : Toyota Rush Model Lawas Didiskon Lebih dari Rp 27 Jutaan

Soerjo juga menegaskan, pihaknya terus mengembangkan kendaraan yang aman untuk penumpangnya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan fitur-fitur keselamatan baik aktif maupun pasif.

“Untuk fitur keselamatan aktif itu ada ABS sementara untuk fitur keselamatan pastif itu airbag. Sederhananya seperti itu, tapi masih banyak fitur-fitur lainnya,” pungkasnya.

Fitur keselamatan Toyota Fortuner menjadi sorotan setelah Ketua DPR RI, Setya Novanto mengalami cedera pada bagian kepala setelah mobilnya menabrak tiang listrik. Kecelakaan tersebut pun membuat dirinya harus dirawat di RS hingga waktu yang tidak ditentukan.

Menariknya, kecelakaan tersebut tampak merusak bemper depan mobil Toyota Fortuner namun terlihat airbag tidak mengembang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.

Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual