Toyota Mulai Serius Bikin dan Jual Aksesoris Modifikasi Resmi

Berita Otomotif

Toyota Mulai Serius Bikin dan Jual Aksesoris Modifikasi Resmi

JAKARTA – Toyota mulai serius melirik bisnis aksesoris modifikasi resmi. Untuk sementara, baru ada tiga model yang sudah bisa didandani dengan aksesoris resmi Toyota.

Aksesoris-aksesoris itu bernama Toyota Custom Option (TCO). Agen pemegang merek Toyota di Indonesia baru menyeriusinya setahun belakangan.

“Jadi, memang baru setahunan ini kami mulai memperdalamnya lagi karena banyak masukan dari dealer maupun konsumen yang ingin mendapatkan produk-produk aksesoris yang didesain Toyota dan dengan mudah dapat ditambahkan di mobil mereka,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor di sela-sela konferensi pers virtual peluncuran Yaris facelift beberapa waktu lalu.


Yaris sendiri merupakan salah satu model yang memiliki opsi TCO. Selain Yaris, sementara ini hanya ada dua model lagi.

“Kami baru mulai di Kijang Innova, Fortuner, dan Yaris. Tapi sekarang teman-teman TAM sedang menyiapkan untuk model-model lain juga,” tandas dia.

Menurut perkiraan Anton, TCO bakal tersedia untuk model-model lain pada akhir 2020 atau tahun depan. Dengan demikian, banyak banyak pemilik model Toyota lain yang bisa mendandani eksterior maupun interior. Untuk desain serta gaya aksesorisnya, Toyota akan melihat keinginan dan kebutuhan konsumen.


“Tugas kami dari TAM adalah menangkap kebutuhan konsumen. Beda dengan negara lain, kami punya tim product planner dan desainer. Mereka membuat produk dan spesifikasi yang dibutuhkan. Kami bekerja sama dengan Toyota Motor Corporation atau regional office untuk mendapatkan batasan-batasan mengenai komponen Toyota seperti fitting-nya, kualitasnya,” papar dia.

Salah satu pembuat aksesoris modifikasi adalah TRD Indonesia. Akan tetapi, mereka bukan satu-satunya.

“Kami juga punya banyak jaringan pemasok di dalam dan di luar Indonesia yang membantu pengembangan dan produksi berbagai bagian aksesoris,” pungkas dia.

Pesan Saat SPK

Anton menjelaskan bahwa TCO memiliki beberapa keunggulan. Selain merupakan aksesoris resmi yang didesain dan diproduksi Toyota, pemasangannya di mobil-mobil Toyota bisa relatif mudah.

Konsumen juga bisa langsung memesannya saat melakukan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan). Jadi, saat menerima kendaraan, aksesoris sudah terpasang.

“Orang-orang kan biasanya beli, baru pasang. Ini, sambil pilih bisa sekalian minta aksesorisnya dan langsung dipasangkan,” tandas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar