Toyota Mulai Kasih Kode Soal Rush Facelift

Berita Otomotif

Toyota Mulai Kasih Kode Soal Rush Facelift

JAKARTA – Toyota melambungkan kemungkinan meluncurkan Rush facelift pada tahun depan untuk bersaing di pasar sport utility vehicle (SUV) Rp 200 – 300 juta yang bakal makin kejam.

Pasar SUV Indonesia di kelas itu pada 2019 memang makin menarik. Pasalnya, pemain-pemain dari China yaitu Dongfeng Sokon (DFSK) maupun Wuling dipastikan merilis model-model baru di segmennya Toyota Rush tersebut.

Toyota bergeming menghadapi gempuran terhadap Rush. Mereka masih percaya tahun depan Rush mampu meraih penjualan dengan volume yang sama dengan tahun ini.

“Target kami sama, tetap 4.000 – 5.000 unit per bulan,” ucap Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM), menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Temu Akhir Tahun Toyota dengan Media Massa, Selasa (11/12/2018) di Jakarta.

Dia kemudian melontarkan kemungkinan hadirnya Rush facelift pada 2019 sebagai cara untuk mempertahankan volume penjualan. Menurutnya, demi merespons kondisi pasar, Toyota tentu melakukan riset dan pengembangan produk, baik untuk ubahan minor dan ubahan mayor bagi model-model yang sudah ada atau malah menghadirkan model yang belum ada.

“Bisa jadi (Rush facelift meluncur di 2019). Semua model kami sedang kembangkan. Tapi balik lagi persoalannya adalah bagaimana mengatur momentumnya, kapan, cocok atau enggak sama kondisi pasar, semua merek punya kemampuan sendiri-sendiri,” papar Soerjopranoto lagi.

Rush yang saat ini dijual adalah generasi kedua. Saudara kembar Daihatsu Terios tersebut diluncurkan pada akhir 2017 dan didistribusikan pada awal 2018. Keduanya dirakit di pabrik milik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

SUV dengan rentang harga on-the-road Jakarta Rp 242,15 juta – 263,55 juta tersebut di 2019 akan menghadapi tantangan dari calon SUV murah DFSK. DFSK juga bersiap menambah varian SUV mereka saat ini yaitu Glory 580.

Tak hanya DFSK,  SUV pertama Wuling di Indonesia juga dipastikan hadir pada semester pertama 2019. Pabrikan-pabrikan dari ‘Negeri Tirai Bambu’ ini sendiri diketahui selalu memberikan harga sangat kompetitif tapi dengan fitur lebih berlimpah. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar