Toyota Indonesia Luncurkan Minimal Enam Model Baru Tahun Depan

Berita Otomotif

Toyota Indonesia Luncurkan Minimal Enam Model Baru Tahun Depan

JAKARTA – Toyota bersiap menggelar sekurang-kurangnya enam peluncuran mobil baru di Indonesia sepanjang 2019.

Salah satu eksekutif Toyota di Tanah Air mengatakan bahwa pada tahun depan jumlah model baru ditargetkan tidak lebih sedikit dari tahun ini. Minimal sekali, jumlahnya bakal sama.

“Kami ingin tahun depan jumlah peluncuran setidaknya sama dengan tahun ini. Tahun ini total ada enam termasuk yang ubahan minor, ubahan mayor, atau model yang belum ada,” ujar Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM), di sela-sela Temu Akhir Tahun Toyota dengan Media Massa pada Selasa (11/12/2018) di Jakarta.

Berdasarkan catatan Mobil123.com, model-model Toyota yang meluncur sepanjang 2018 terdiri dari multi purpose vehicle (MPV) mewah, hatchback, mini sedan, small sedan, hingga SUV berbanderol hampir Rp 500 juta. Model-model itu adalah Toyota Alphard dan Vellfire facelift, Toyota Yaris facelift, Toyota Vios dan Toyota Corolla Altis facelift plus Toyota C-HR.

Sementara pada 2019, mulai santer terdengar bahwa Avanza facelift  akan meluncur pada Januari. Toyota, saat dimintai konfirmasi di berbagai kesempatan, masih menolak berkomentar. Namun mereka mengatakan aspek terpenting yang harus diubah dari Avanza adalah eksterior.

Satu kandidat model baru lain adalah Toyota C-HR hybrid. Model ini sudah dibawa sebagai mobil eksebisi dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Ketika itu, Soerjopranoto menerangkan C-HR hybrid bakal diluncurkan setelah regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) yang berisi insentif pajak bagi mobil-mobil rendah emisi gas buang terbit. Pemerintah berjanji regulasi LCEV terbit tahun ini.

Kandidat lain adalah Camry. Pasalnya, di Thailand generasi terbaru sedan ini sudah mengaspal dan unit yang dipasarkan di Indonesia diimpor utuh dari negara tersebut. Selain itu, Soerjopranoto melontarkan pula kemungkinan adanya Rush facelift.

Ia menjelaskan jumlah peluncuran pasti pada 2019 masih dapat bertambah. Semua tergantung kondisi pasar.

“Waktunya tergantung kondisi pasar. Kalau pasar enggak oke, kami akan tahan,” tambahnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar