Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Luncurkan Mesin Kecil Turbo yang Irit BBM

Berita Otomotif

Toyota Luncurkan Mesin Kecil Turbo yang Irit BBM

TOKYO - Toyota meluncurkan mesin 8NR-FTS 1.2-liter turbo direct-injection dalam rangkaian menelurkan generasi terbaru mesin-mesin Toyota. Mesin ini diklaim meningkatkan efisiensi bahan bakar minyak tanpa mengurangi tenaga mesin.

Mesin kecil namun bertenaga ini akan tersedia pada new Toyota Auris yang mulai dijual di Jepang hari ini (6/4). Mesin ini memiliki Bore/stroke (71.5×74.5 mm), rasio kompresi 1:10, dengan tenaga 85 kw (116 ps/114 hp) pada 5.200-5.600 rpm dengan torsi 185 Nm pada 1.500-4.000 rpm.

Untuk diketahui pengembangan mesin baru 8NR-FTS ini adalah puncak dari Toyota hibrida dan pengembangan mesin konvensional, termasuk terobosan dalam mesin pembakaran dalam, dan memanfaatkan teknologi yang terkandung. Toyota menyadari mobil dengan mesin konvensional masih digunakan di masa depan.

Hasilnya, teknologi turbocharger yang tersemat dapat memproduksi tenaga jauh lebih besar dan mencapai efisiensi bahan bakar mengesankan serta salah satu mesin irit terkemuka di dunia.

Mesin ini bekerja berdasarkan single-scroll turbocharger dengan kepala silinder yang terintegrasi dengan exhaust manifold berpendingin udara untuk mengoptimalkan suhu gas buang. Hasilnya, mesin lebih responsif dan puncak torsi digapai lebih lebar 1,500-4,000 rpm.

Toyota juga telah meningkatkan kecepatan pembakaran dengan menciptakan tumble flow (pusaran vertikal-berputar) kuat di dalam silinder. Bersamaan dengan teknologi canggih D-4T, di mana menciptakan campuran udara-bahan bakar yang ideal.

Selain itu, variable valve timing pada intake memungkinkan mesin untuk mengoptimalkan siklus Atkinson dengan menyesuaikan valve timing sesuai dengan beban. Improvement ini lebih efisien sebesar 36 persen. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang