Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Kijang Innova Zenix Diekspor Mulai 2023, Awalnya ke 13 Negara Dulu

Berita Otomotif

Toyota Kijang Innova Zenix Diekspor Mulai 2023, Awalnya ke 13 Negara Dulu

JAKARTA – Toyota Kijang Innova Zenix buatan Indonesia diekspor mulai 2023. Pada tahap awal, model ini mengincar 13 negara di berbagai region.

Kijang generasi ketujuh tersebut resmi diproduksi pada Senin (21/11/2022) di pabrik PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Peluncuran model legendaris di pasar otomotif Tanah Air itu juga terjadi pada hari yang sama.

“Ekspor mulai Februari 2023 nanti. Negaranya kami mulai dari Asia, Amerika Tengah-Amerika Selatan, Afrika. Itu untuk tahap pertama,” kata President Director TMMIN Warih Andang Tjahjono merespons pertanyaan Mobil123.com usai seremoni peluncuran di Jakarta.

Toyota Kijang Innova Zenix

Ada 13 negara yang menjadi tujuan pada fase pertama. Kemudian, menurut Warih, fase kedua dimulai pada Mei 2023 dengan tambahan tiga sampai empat negara.

“Nanti tahap keduanya GCC (Gulf Cooperation Council), area Timur Tengah,” sebutnya.

Negara tujuan ekspor Kijang Innova Zenix berangsur-angsur masih akan ditingkatkan hingga menjadi total 40-50 negara. Jumlah tersebut kurang-lebih sama dengan generasi terdahulu yang mencapai 50 negara.

Toyota Kijang Innova Zenix

Adapun volume produksi total untuk pasar domestik serta ekspor, dari keterangan Warih, adalah 3.000 unit per bulan di awal. Sebanyak 30-40 persennya adalah tipe-tipe bermesin hybrid.

Sekitar 50 persen di antaranya untuk ekspor. Volume akan meningkat terus seiring penambahan negara tujuan ekspor.

“Pastilah bertambah. Sekarang total misalkan 3.000 unit per bulan. Nanti tergantung demand bisa 4.000-5.000 unit,” lontarnya.

Director of Administration, Corporate and External Affairs, Technical Government Affairs TMMIN Bob Azam menerangkan angka yang berbeda.

“Bisa 5.000-6.000 unit, ya perbulannya. Tergantung dari demand (permintaan),” pungkas Bob mengenai volume produksi Kijang Innova Zenix.

Sekadar informasi, Kijang Innova Zenix untuk pasar Indonesia secara garis besar terdiri dari tiga varian yakni G, V, Q. Tipe-tipe bermesin bensin ada di varian G dan V, sedangkan yang bermesin hybrid ada di tipe G, V, Q.

Harga Kijang Innova Zenix bermesin bensin termurah dimulai dari Rp419 juta sampai Rp470 juta. Sementara itu, harga Kijang Innova Zenix hybrid dimulai dari Rp458 juta hingga Rp614 juta. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang