Toyota Kasih Sedikit Bocoran Soal Yaris Generasi Terbaru

Berita Otomotif

Toyota Kasih Sedikit Bocoran Soal Yaris Generasi Terbaru

TOKYO - Sebelum memperlihatkan All-New Yaris, Toyota menunjukkan terlebih dahulu platform TNGA yang akan dipakai oleh generasi terbaru daru hatchback tersebut.

Toyota, seperti dikutip dari pemberitaan Carscoops belum lama ini, merilis informasi awal tentang All-New Yaris. Pesaing Honda Jazz tersebut akan menggunakan platform anyar bernama GA-B.

GA-B sendiri merupakan salah satu variasi dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Ini merupakan platform terkecil TNGA yang bakal dipakai untuk mobil-mobil kompak Toyota seperti Yaris.

Seperti juga varian TNGA lainnya, GA-B didesain untuk memaksimalkan sisi handling dari dari sebuah mobil. Bagian bawah sasis (underbody) sangat rigid berkat sambungan-sambungan yang dibuat lebih kuat di strukturnya.

Adapun kaki-kaki memakai MacPherson struts di depan dan torsion beam atau multi-link units di belakang.

Platform baru All-New Yaris juga membuat posisi duduk pengemudi rendah dan lebih mendekati titik pusat gravitasi mobil. Ini membuat posisi mengemudi lebih mengasyikkan serta titik pusat gravitas lebih rendah.

Melalui platform baru, berbagai hal di dalam kabin bisa diposisikan sedemikian rupa untuk membuat interior terasa lebih lapang bagi pengemudi dan penumpang. Berkat TNGA, Toyota bisa menggunakan komponen-komponen yang sama di semua varian plaform yang membuat semua proses menjadi lebih simpel, tanpa membuat semua model yang menggunakannya terlihat amat mirip.

TNGA, termasuk GA-B, membuat para desainer memiliki kebebasan lebih menciptakan mobil yang lebih rendah dan lebar. Hal tersebut, dikombinasikan dengan overhangs sangat pendek, menjanjikan bentuk yang lebih sporty pada Yaris generasi terbaru.

Pabrikan otomotif terpopuler dunia itu mengatakan GA-B kelak digunakan di kendaraan dengan berbagai ukuran, tipe bodi, panjang sumbu roda, tinggi, dan lebar trek. Salain hatchback, GA-B bisa pula digunakan pada sebuah crossover atau sport utility vehicle (SUV) kompak yang berada di bawah C-HR.

All-New Yaris sudah terlihat dalam bentuk prototipe dengan stiker kamuflase. Belum diketahui, kapan model ini meluncur secara resmi di pasar global.

Kira-kira, kapan ya All-New Yaris masuk Indonesia? [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support