Toyota Siap Hadirkan Pilihan Mobil Hybrid Lengkap di Indonesia

Berita Otomotif

Toyota Siap Hadirkan Pilihan Mobil Hybrid Lengkap di Indonesia

JAKARTA – Toyota bakal memperbanyak pilihan model mobil listrik mereka di Indonesia, khususnya yang berteknologi hybrid.

Dalam seremoni virtual perayaan 50 tahun eksistensi Toyota di Indonesia, pabrikan otomotif tersebut kembali menegaskan komitmen mereka mengikuti program percepatan industri dan pasar kendaraan listrik dari pemerintah. Mobil hybrid adalah fokus awal mereka.

Bahkan, Toyota akan menghadirkan model – model mobil hybrid yang lengkap di negeri ini.

“Khusus untuk menyambut era elektrifikasi, Toyota Indonesia menghadirkan model kendaraan listrik yang lengkap yaitu HEV (hybrid electric vehicle) full product line up bagi konsumen,” ucap Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dalam perayaan virtual yang disiarkan via YouTube pada Jumat (9/4/2021).

Orang Indonesia pertama yang memimpin pabrik Toyota di kawasan Asia Pasifik tersebut kemudian mengulangi lagi rencana mereka memproduksi lokal mobil hybrid mulai 2022. Akan tetapi, lagi – lagi modelnya masih dirahasiakan.

“Tidak hanya untuk pasar domestik, namun juga sebagai basis ekspor kendaraan elektrifikasi ke mancanegara,” tandas Warih.

Sekadar mengingatkan, pemerintah mulai akhir 2021 akan memberikan insentif bagi mobil hybrid, plug-in hybrid (PHEV), maupun mobil listrik murni. Awalnya insentif untuk mobil listrik dan PHEV sama – sama Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 0 persen.

Tapi regulasi yang mengatur itu yakni Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 direvisi. Hanya mobil listrik murni yang mendapatkan PPnBM 0 persen.

Dengan begitu, diharapkan pasar dan industrinya dapat terbentuk di Tanah Air. Pada 2030, ditargetkan ada 600 ribu mobil listrik dari berbagai teknologi yang diproduksi lokal.

Toyota sendiri sudah sejak 2019 mengumumkan rencana investasi tambahan dengan nilai total USD2 miliar (sekitar Rp28 triliun) di Nusantara hingga 2023. Penanaman modal tersebut ditujukan bagi produksi mobil listrik.

Sejak 2019 pula, Toyota lebih agresif meluncurkan model – model mobil hybrid di Indonesia. Tapi, ada juga model baru berteknologi PHEV dan yang 100 persen baterai.

“Sekarang kami punya 10 line up mobil terelektrifikasi mulai dari hybrid, PHEV, sampai sampai mobil listrik murni,” pungkas Susumu Matsuda, Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar