Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Jual 7 Ribu Mobil Listrik di Indonesia Sejak 2009

Berita Otomotif

Toyota Jual 7 Ribu Mobil Listrik di Indonesia Sejak 2009

JAKARTA – Toyota mengklaim telah menjual lebih dari tujuh ribu unit mobil listrik di Indonesia dalam kurun 13 tahun terakhir.

Vice President Director PT. Toyota Astra Motor Henry Tanoto menjelaskan pihaknya telah menghadirkan mobil listrik di Indonesia sejak 2009, lewat Toyota Prius hybrid generasi ketiga.

Sejak itu hingga kuartal ketiga 2022, transaksi jual-belinya secara akumulatif digadang-gadang mencapai 7.021 unit.

“Setidaknya, Toyota Indonesia berkontribusi menurunkan total emisi CO2 (karbon dioksida) hingga lebih dari 7.500 ton atau sama dengan tidak menggunakan lebih dari 2.500 kendaraan bermesin konvensional atau ICE (internal combustion engine/mesin pembakaran internal),” akunya dalam seremoni peluncuran Toyota bZ4X, Kamis (10/11/2022) kemarin di Jakarta.

mobil listrik Toyota bZ4X

bZ4X sendiri menjadi mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) pertama di Indonesia yang mengusung merek Toyota. Sebelumnya, pada akhir 2020, mereka merilis Lexus UX300 e.

Harga on the road (OTR) Jakarta bZ4X sendiri tembus Rp1 miliar. Tepatnya adalah Rp1.190.000.000.

Toyota, menurut Henry, saat ini menjual 14 model mobil listrik dari berbagai teknologi. Ada yang mengusung merek Toyota, ada pula yang menyandang merek Lexus.

Prinsipal Toyota di Jepang, lanjut dia, telah menetapkan target untuk meluncurkan 30 model mobil listrik murni secara global hingga 2030. Adapun penjualannya ditargetkan menyentuh 3,5 juta unit pada tahun tersebut.

"Di Indonesia, kami juga akan terus menghadirkan lebih banyak pilihan model elektrifikasi, baik itu BEV, PHEV, dan hybrid,” tegas Henry mengenai strategi elektrifikasi Multi Pathway yang beragam.

mobil listrik Toyota bZ4X

Pada penghujung 2021 silam, eksekutif Toyota Asia ketika berkomunikasi dengan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bakal meluncurkan 10 model mobil listrik hingga 2025.

Sayang, mereka tidak merincikan lebih lanjut rencana tersebut.

Tahun ini, Toyota bersiap merilis mobil hybrid rakitan lokal pertama mereka. Meski sampai sekarang identitasnya belum mereka ungkap, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sudah membeberkan kalau model yang dimaksud ialah Toyota Kijang Innova hybrid.

“Sebentar lagi (peluncurannya),” jawab Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy ketika ditanyakan mengenai waktu peluncuran mobil hybrid rakitan Indonesia perdana mereka. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil Toyota baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang