Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Jadi Merek Mobil Terlaris di Dunia Tiga Tahun Berturut-turut!

Berita Otomotif

Toyota Jadi Merek Mobil Terlaris di Dunia Tiga Tahun Berturut-turut!

TOKYO – Toyota berhasil menjadi merek mobil terlaris sedunia selama tiga tahun berturut-turut, meski penjualan mereka pada 2022 relatif stagnan.

Toyota, seperti dilaporkan Reuters pada awal pekan ini, mampu menjual 10,5 juta mobil tahun lalu. Itu sudah memperhitungkan raihan merek-merek di dalam satu grup yakni Daihatsu maupun Hino.

Transaksi jual-beli Toyota sebenarnya turun 0,1 persen jika dibandingkan pada 2021 (year on year/yoy).

Meski begitu, Volkswagen sebagai pesaing terberat mencatatkan hasil yang jauh lebih buruk, sehingga Toyota tetap menjadi nomor satu.

Toyota

Volkswagen bahkan menorehkan rekor penjualan terendah dalam kurun lebih dari satu dekade terakhir, dengan volume 8,3 juta unit.

Penyebabnya ialah terhambatnya rantai suplai gara-gara lockdown Covid-19 di China plus perang Rusia-Ukraina sejak awal 2022.

Lebih lanjutnya, penjualan Toyota tahun lalu terbantu performa di pasar luar Jepang yang mencapai 8,6 juta unit.

Hasil itu ‘menahan’ penurunan 9,6 persen di kandang mereka sendiri sehingga menjadi 1,9 juta unit.

Toyota menjelaskan beberapa faktor positif telah membantu meningkatkan produksi kendaraan global mereka sebanyak 5 persen tahun lalu, meskipun masalah suplai cip semikonduktor masih menghantui.

Adapun faktor-faktor tersebut ialah permintaan kuat di Asia, juga peningkatan plus optimalisasi produksi di Asia maupun Amerika Utara.

Toyota Kijang Innova Zenix

Di Indonesia, Toyota pun masih menjadi merek mobil terlaris, walaupun pangsa pasar mereka sedikit mengecil.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan retail (distribusi diler ke konsumen) pada 2022 mencapai 329.498 unit atau naik 13,4 persen yoy.

Total pasar mobil nasional, di sisi lain, naik 17,4 persen yoy dari 863.348 unit menjadi 1.013.582 unit. Transaksi jual-beli akhirnya kembali ke level 1 juta unit, sejak pandemi Covid-19 masuk pada awal 2020.

Kenaikan penjualan di bawah kenaikan pasar akhirnya membuat pangsa pasar Toyota pun agak berkurang dari 33,6 persen pada 2021 menjadi 32,5 persen tahun lalu.

Pesaing terdekat mereka di Tanah Air adalah ‘adik’ sendiri yakni Daihatsu yang membukukan penjualan 188.660 unit—naik 24,9 persen yoy. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang