Toyota Indonesia Yakin Pertumbuhan Ekspor 2015

Berita Otomotif

Toyota Indonesia Yakin Pertumbuhan Ekspor 2015

JAKARTA - Total ekspor Toyota Indonesia dan grup Toyota sudah tercatat 75.300 unit (Januari-Mei 2015) atau sekitar 43% dari target yang dicanangkan sekitar 175.000 unit di tahun 2015.

"Dengan sisa waktu masih cukup panjang yaitu sekitar 7 bulan, diharapkan target ekspor CBU bisa tercapai," kata Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dalam keterangan resmi.

Ekspor Toyota diprediksi naik sekitar 10% dibandingkan tahun 2014 lalu sebesar 160.000 unit.

Performa ekspor TMMIN naik signifikan sejak tahun 2014 lalu. TMMIN diberi kepercayaan untuk mengisi pasar sedan di kawasan Timur Tengah dengan model andalannya yaitu Vios yang merupakan sedan buatan lokal Indonesia yang diekspor dalam jumlah masif. Total ekspor Vios tahun lalu mencapai 27.700 unit dan untuk lima bulan pertama tahun ini sudah mencapai 19.100.

"Melihat trend permintaan terhadap Vios yang cukup besar, kami optimis kinerja ekspor mobil ini akan lebih baik dibanding tahu lalu,” ucap Warih.

Kinerja ekspor Vios yang menggembirakan ini merupakan salah satu kontributor terbesar bagi total ekspor kendaraan bermerek Toyota. Hingga bulan Mei lalu, Vios menyumbangkan 25,4% kontribusi bagi total ekspor Toyota sepanjang lima bulan pertama tahun 2015.

TMMIN mengekspor model Fortuner, Avanza, Rush, Yaris, Town/Lite Ace, serta Agya. Selain dalam bentuk kendaraan utuh, TMMIN juga mengekspor produk lainnya dalam bentuk kendaraan terurai (Completely Knock Down/CKD) dengan volume sebesar 16.700 unit.

Ekspor mesin tercatat mencapai 21.100 unit, sebagian besar berupa mesin berbahan bakan bensin (gasoline engine) sebesar 17.100 unit dan sisanya mesin berbahan bakar ethanol (ethanol engine) yang mencapai 4.000 unit, sedangkan komponen kendaraan yang berhasil diekspor dalam lima bulan pertama tahun 2015 mencapai lebih dari 24,6 juta buah. [Ikh/Idr]

Foto: TMMIN

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual