Toyota Indonesia Siap Produksi Kendaraan Berbahan Bakar Alternatif?

Berita Otomotif

Toyota Indonesia Siap Produksi Kendaraan Berbahan Bakar Alternatif?

JAKARTA - Mobil dengan bahan bakar gas, etanol hingga hidrogen mungkin masih terasa cukup asing di telinga kebanyakan orang Indonesia. Namun diam-diam Toyota sudah melihat ini sebagai peluang di Tanah Air di masa depan.

Hal ini disampaikan oleh I Made Dana Tangkas, Direktur Corporate and External Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

 

"Kalau melihat dari program yang dilakukan oleh Pemerintah mobil hemat energi (LCGC). Ada gas bio fuel dan hybrid. Kami juga harus perkuat kerjasama dengan seluruh stakeholder mulai dari Pemerintah selaku regulator, pabrikan industri otomotif dan penyedia infrastruktur," ungkapnya.

Ia pun menambahkan bahwa saat ini Toyota memiliki beberapa produk yang menggunakan bahan alternatif dan siap dipasarkan.

"Kami punya beberapa prototype untuk kendaraan gas," ungkapnya. Namun ia masih belum berani mengatakan bahwa pihaknya akan meluncurkan mobil berbahan bakar gas dalam waktu dekat.

"Saya belum lihat (kesiapan) dari Pemerintah itu sendiri. Ini maslahnya komando harus jelas, ketika kami produksi mobil berbahan bakar gas, infrastrukturnya harus siap, lalu kualitas gas-nya juga harus jelas, aspek regulasi, keamanan, keselamatan hinga pengaturan teknis. Semua perlu dibuat dalam satu payung regulasi," tambahnya.

Kapan regulasi siap? "Pemerintah memang sudah berdiskusi dengan Gaikindo dan memang ada tujuan ke arah sana," tutupnya. [Adi/Idr]

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual