Toyota HiAce Terbaru Incar Tempat Liburan Orang-Orang Berduit

Berita Otomotif

Toyota HiAce Terbaru Incar Tempat Liburan Orang-Orang Berduit

TANGERANG - Toyota HiAce Premio dihadirkan sebagai mobil pengangkut orang di kelas premium. Adapun target konsumennya adalah hotel maupun resort kelas atas.

HiAce Premio menjadi model baru Toyota di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 selain Supra dan Fortuner TRD Sportivo. HiAce Premio merupakan HiAce generasi kelima, berbeda dari produk sebelumnya yakni HiAce Commuter yang masih berasal dari generasi keempat.

“Harganya Rp 516,6 juta on-the-road Jakarta untuk satu variannya. Lebih murah sekitar Rp 41 juta-an dibanding HiAce Commuter,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), di sela-sela GIIAS 2019.

Sebagai informasi, HiAce Commuter dijual dalam dua varian. Varian pertama berbanderol on-the-road Jakarta Rp 440.150.000, sedangkan yang kedua adalah Rp 475.250.000.

Lengkapi Model Lama
Anton menjelaskan HiAce Premio dihadirkan untuk melengkapi HiAce Commuter. Jadi, model sebelumnya masih dipasarkan.

“Konsumen untuk kendaraan jenis ini terbagi dua, antara segmen medium-high dengan yang higher segment. HiAce yang Commuter untuk medium-high. Untuk keperluan-keperluan dasar seperti durabilitas, biaya operasional rendah, keselamatan, kenyamanan, dan kemudahan dikendarai,” papar dia.

HiAce Premio lebih menargetkan keperluan transportasi hotel maupun resort kelas atas, juga perusahaan-perusahaan travel yang butuh mobil lebih mewah. Ini tercermin dari desain lebih modern dan premium dengan semi-bonnet.

Selain itu, kapasitas penumpangnya yang 12--lebih sedikit dari HiAce Commuter yang 16--tapi berdimesin lebih besar. Dimensi panjang, lebar, dan tinggi masing-masing adalah 5.915 mm, 1.950 mm, 1.880 mm.

“Wheelbase lebih 750 mm, lebar lebih 30 mm, dan panjang lebih 90 mm. Tapi, tingginya sama,” ujar Anton.

Meski lebih bongsor, HiAce Premio lebih mudah bermanuver. Ini antara lain didukung radius putar lebih kecil 0,2 meter.

Di samping itu, HiAce Premio pun lebih nyaman dengan 13 Ceiling Rear AC dan kabinnya dibuat lebih kedap. Tempat penyimpanan dibuat lebih banyak, begitu pula fitur keselamatan dengan tambahan 3-pointed seatbelt, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), dan Emergency Brake Signal.

Fitur-fitur keselamatan terdahulu masih ada yaitu Dual SRS Airbag serta sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Brake Assist (BA).

“HiAce Premio juga yang pertama di Indonesia memperkenalkan mesin 1-GD. Biasanya kan mobil-mobil kami 2-GD,” tukas Anton.

Mesin bensinnya berkapasitas 2.8-liter dengan tenaga sekitar 154 hp. Torsinya mencapai lebih dari 400 Nm. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar