All-New Toyota HiAce Tak Lagi Pesek, Diklaim Lebih Nyaman dan Aman

Berita Otomotif

All-New Toyota HiAce Tak Lagi Pesek, Diklaim Lebih Nyaman dan Aman

MANILA – Toyota HiAce generasi terbaru yang berdesain semi-bonnet menjalani debut globalnya di Filipina. Model ini diklaim lebih luas, nyaman, serta aman dibanding generasi lawas.

HiAce terbaru diperkenalkan pertama kali di dunia pada Selasa (18/2/2019) di Manila, Filipina. Negara ini sendiri merupakan pasar nomor satu untuk penjualan HiAce, yang terdiri dari varian-varian mobil penumpang serta mobil komersial baik untuk sektor transportasi, kargo, pariwisata, dan lain-lain.

Satu ubahan paling kentara adalah desain fascia depannya yang kini berbentuk semi-bonnet. Ini membuat mesin terbarunya tidak lagi benar-benar diletakkan di atas axle roda depan sehingga membuat kabin lebih ergonomis, juga mereduksi secara signifikan getaran plus panas di dalam kabin, khususnya pada baris pertama.

Struktur bodi All-New HiAce yang baru terinspirasi dari platform Toyota New Global Architecture (TNGA) sehingga jauh lebih rigid. Rangka terbaru ini diklaim meningkatkan pula kenyamanan, kesenyapan, plus aspek keamanan kabin.

Terdapat dua tipe mesin anyar beperforma lebih baik yang disiapkan untuk pasar global. Opsi pertama adalah mesin diesel berkode 1GD dengan kapasitas 2.8-liter, sementara yang kedua adalah mesin bensin &GR berkapasitas 3.5-liter.

All-New HiAce mempunyai dua tipe bodi, Normal/Standard Roof serta Long/High Roof. Ada varian Commuter yang mampu menampung hingga 17 orang (terbanyak di kelasnya), varian Tourism dengan interior maupun fungsi kenyamanan ditingkatkan atau Van dengan kapasitas kargo luas yang bisa mengakomodasi standar ukuran palet di beragam negara/region.

HiAce pun dibubuhi fitur Toyota Safety Sense. Bahkan, mobil yang sudah hadir sejak 1967 ini diekspektasikan mampu lulus EURO NCAP dengan rating bintang lima.

“HiAce dikembangkan dengan kata kunci ‘HiAce Pride’ dan dari konsep sebagai partner tepercaya yang membuat orang-orang merasa aman, puas, dan bangga. Pemilik, pengemudi, penumpang tahu mereka ada ada di tangan yang tepat ketika mereka memiliki, mengendarai, atau menumpang HiAce,” ucap Takuo Ishikawa, Chief Engineer All-New HiAce.

HiAce sendiri akan diluncurkan di berbagai pasar secara bertahap, dengan fokus utama adalah negara-negara berkembang. Di Australia, All-New HiAce diperkirakan hadir pertengahan tahun ini.

Sejak lahir pada 1967, sudah 6,24 juta unit HiAce terjual di lebih dari 150 negara. Mobil ini hadir sebagai mobil pribadi, minibus, maupun van. Banyak dari penjualan HiAce saat ini terjadi di Asia, Timur Tengah, Africa, Oseania, Meksiko, Amerika Latin. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar