Toyota Gratiskan 24.000 Paten Kendaraan Listrik

Berita Otomotif

Toyota Gratiskan 24.000 Paten Kendaraan Listrik

TOKYO - Toyota akan menggratiskan teknologi miliknya untuk digunakan para kompetitor agar bisa mempercepat penyerapan teknologi fuel-cell, hybrid dan mobil listrik.

Toyota mengatakan bahwa mereka akan memberikan akses lebih dari 24.000 paten teknologi listrik. Mereka juga akan memberi dukungan teknis pada pabrikan yang akan menggunakan teknologi Toyota mulai dari motor, baterai, ECU dan part serta sistem kendaraan.

“Tingginya permintaan yang diterima terkait sistem kendaraan listrik kami dari berbagai perusahaan membuktikan pentingnya mempopulerkan teknologi kendaraan hybrid dan lainnya. Kami percaya bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk bekerja sama,” tutur  Shigeki Terashi, Executive Vice President of Toyota Motor Corporation.

Ia pun menambahkan bahwa bila jumlah kendaraan listrik dapat berkembang dengan pesat, maka bukan tidak mungkin dalam waktu dekat teknologi tersebut akan menjadi standard. Ia pun berharap Toyota dapat memiliki peran dalam era mobil listrik.

“Jika jumlah kendaraan listrik meningkat signifikan dalam 10 tahun ke depan, mereka akan menjadi teknologi standard. Dan kami berharap bisa memiliki peran dalam mendukung proses tersebut,” tegasnya.

Toyota memang telah menawarkan ribuan paten untuk teknologi fuel cell sejak 2015. Meski demikian mereka mereka tetap bekerjasama dengan Suzuki dan Mazda untuk pengembangan hybrid dan mesin listrik yang lebih baik.

Langkah ini sebenarnya sudah dilakukan pula oleh VW Group yang mengijinkan para perusahaan lain menggunakan EV-exclusive MEB architecture. Ini menunjukkan bahwa kebutuhan industri untuk kendaraan ramah lingkungan sudah semakin tinggi. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support