Toyota Ekspor 15.000 Kendaraan 'Made In Indonesia'

Berita Otomotif

Toyota Ekspor 15.000 Kendaraan 'Made In Indonesia'

JAKARTA - Bukan hanya urusan penjualan saja, Toyota ternyata juga mengekspor banyak mobil 'made in Indonesia.' Di Januari 2015 saja ada 15.000 kendaraan yang diekspor Toyota dari Indonesia.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengumumkan pencapaian ekspor kendaraan bermerek Toyota bulan pertama di tahun 2015 yang menembus angka 15.000 unit atau meningkat sebesar 53% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2014 yang berjumlah 9.800 unit.

Primadona ekspor Toyota Indonesia masih didominasi oleh model Fortuner yang mencapai angka 4.400 unit. Fortuner menyumbangkan porsi sebesar 29% dari total ekspor kendaraan bermerek Toyota. 

Sedan Vios menyumbangkan porsi sebesar 25% atau sebanyak 3.700 unit dari total ekspor kendaraan bermerek Toyota. Model berikutnya yang juga menjadi andalan ekspor Toyota Indonesia yaitu Kijang Innova dan Avanza yang masing-masing mencatatkan volume ekspor sebesar 1.200 dan 3.700 unit. 

Selain empat model ini kendaraan utuh lainnya yang juga diekspor adalah Yaris, Agya, Rush, dan Town Ace/Lite Ace dengan total volume sebanyak 2.000 unit untuk keempat model tersebut.

“Pencapaian bulan Januari ini memberikan optimisme tersendiri bagi kami. Jika kondisi ini stabil dan dapat dipertahankan, kami sangat yakin bahwa Toyota Indonesia dapat mencapai target ekspor yang ditetapkan di awal tahun yaitu sebanyak 175 ribu unit kendaraan utuh bermerek Toyota atau meningkat 10% dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu”, ungkap Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

Selain dalam bentuk kendaraan utuh, Toyota Indonesia juga mengekspor berbagai jenis produk otomotif lainnya berupa kendaraan terurai (CKD – Complete Knock Down) sebanyak 2.400 unit, mesin berbasis bensin sebanyak 3.000 unit serta mesin berbasis etanol sebanyak 800 unit, komponen kendaraan sebanyak 5,8 juta buah, serta alat bantu produksi berupa die (alat bantu dalam proses pengepresan) dan jig (alat bantu dalam proses pengelasan) ke berbagai negara di dunia. 

Jenis produk ekspor ini sekaligus mengukuhkan posisi Toyota Indonesia sebagai perusahaan manufaktur kendaraan yang memiliki tingkat kedalaman industri yang tinggi.

“Sebagai produsen otomotif yang telah eksis lebih dari 40 tahun di Indonesia, kami memiliki komitmen untuk selalu bisa turut serta mengembangkan industri otomotif Indonesia dengan peningkatan kedalaman industri untuk meningkatkan daya saing sehingga produk kami menjadi kompetitif. Hal ini juga membuat kami lebih siap dalam menghadapi pasar bebas ASEAN." 

"Ketahanan industri dalam negeri harus mampu menjadikan Indonesia sebagai pemain yang diperhitungkan di kawasan ASEAN bukan sekadar menjadi pasar yang sangat potensial,” ungkap Warih.

Posisi Toyota Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor di kawasan Asia-Pasifik memberi dampak positif terutama bagi neraca perdagangan Toyota Indonesia. Sejak tahun 2013, neraca perdagangan Toyota Indonesia telah mencapai “net export”. Hal ini dicapai dengan dua aktivitas utama yaitu substitusi impor dengan memproduksi kendaraan secara lokal di dalam negeri serta peningkatan performa ekspor. 

“Dengan semakin banyaknya model kendaraan yang diproduksi di dalam negeri, hal ini merupakan salah satu upaya Toyota untuk melakukan substitusi impor sekaligus juga terus meningkatkan aktivitas ekspor secara konsisten. Total nilai ekspor Toyota Indonesia sejak kegiatan ekspor perdananya hingga Januari 2015 tercatat lebih dari USD 13,8 milyar,” lugas I Made Dana Tangkas, Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN.

Toyota berkomitmen untuk terus-menerus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia sesuai dengan semangat Toyota Berbagi (Toyota, Bersama Membangun Indonesia) melalui penyediaan produk dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, pengembangan industri otomotif Indonesia serta inisiatif sosial melalui kegiatan tanggung jawab perusahaan (CSR/Corporate Social Responsibility). [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support