Toyota dan SoftBank akan Kerjasama Terkait Mobil Otonom

Berita Otomotif

Toyota dan SoftBank akan Kerjasama Terkait Mobil Otonom

TOKYO – Toyota Motor Corp dan SoftBank Group Corp berencana untuk mengumumkan kerjasama mereka dalam pengembangan mobil otonom dan sejumlah teknologi lainnya.

Meski masih belum resmi diumumkan, kepastian tersebut akan segera disampaikan oleh Akio Toyoda, President Toyota dan Masayoshi Son, CEO SoftBank Group. Mereka dijadwalkan akan menggelar konferensi pers dalam waktu dekat terkait hal ini.

Selain mengembangkan mobil otonom kedua perusahaan raksasa asal Jepang ini juga akan mengembangkan teknologi baru guna meningkatkan mobilitas manusia di masa depan. Teknologi tersebut dipastikan akan menjadi penunjang dalam mobil otonom mengingat perkembangan teknologi tersebut sangat cepat.

Saat ini, Toyota dan SoftBank yang merupakan sebuah perusahaan telekomunikasi dan media Jepang yang bergerak dalam penyediaan beberapa jasa seperti Internet, telekomunikasi seluler serta keuangan ini memang tidak memiliki kerjasama signifikan terkait teknologi mobilitas. Meski demikian, keduanya telah melakukan pengembangan dengan caranya masing-masing.

Toyota misalnya, tengah mengembangkan automated driving dan teknologi artificial intelligence sendiri bersama dengan anak perusahaannya. Mereka juga telah mengakuisisi beberapa teknologi start up.

Langkah ini merupakan langkah yang juga telah dilakukan oleh beberapa produsen kendaraan lain di dunia. Namun sayangnya, perkembangannya terkesan masih jauh untuk bisa diaplikasikan ke dunia nyata.

Sedangkan SoftBank telah menjadi investor pada GM Cruise, dimana Honda baru saja membeli sahamnya sebesar 5,7 persen senilai USD 2,75 miliar atau setara Rp 41,765 triliun. Tak hanya itu, SoftBank juga telah memiliki mobil otonom untuk bus yang mereka kembangkan sendiri yaitu SB Drive. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar