Toyota dan Lexus Luncurkan Mobil yang Dapat 'Berbicara' pada 2021

Berita Otomotif

Toyota dan Lexus Luncurkan Mobil yang Dapat 'Berbicara' pada 2021

CALIFORNIA – Toyota dan Lexus mengumumkan akan memasangkan teknologi Dedicated Short-Range Communications (DSRC) system ke beberapa modelnya di Amerika Serikat pada 2021.

Dengan teknologi tersebut, Toyota dan Lexus memiliki kemampuan untuk membagikan informasi kendaraan mulai dari kecepatan hingga lokasi dengan kendaraan lain dan sejumlah infrastruktur layaknya sebuah kendaraan yang bisa mengobrol.

Informasi diberikan secara real-time sehingga dapat memberi peringatan pada pengemudi tentang potensi bahaya seperti suhu dingin, kepadatan lalu lintas hingga kecelakaan. Dengan ini maka pengemudi dapat diperingatkan tentang sebuah masalah di jalan bahkan sebelum mereka melihatnya.

Toyota mengatakan bahwa DSRC system akan menggunakan spektrum 5.9 GHz yang memang dipergunakan untuk Intelligent Transportation Systems. Dengan ini maka pelanggan tidak perlu khawatir akan dikenakan biaya data seluler saat model Toyota dan Lexus berkomunikasi dengan kendaraan lain.

Jim Lentz, CEO Toyota Motor North America mengatakan bahwa dengan teknologi ini, mereka dapat membantu pengendara untuk menciptakan lalu lintas yang lebih aman, lebih lancar dan lebih nyaman.

“Kami percaya bahwa dengan mengadopsi DSRC oleh seluruh produsen mobil tidak hanya membantu pengendara mencapai lokasi tujuan lebih aman dan efisien, tapi juga menjadi pondasi bagi kendaraan terkoneksi di masa depan,” tambahnya.

Rencananya model pertama yang mengusung teknologi DSRC akan dilucurkan pada tahun 2021. Mereka pun berharap pada pertengahan era 2020-an, setengah dari seluruh model yang diluncurkan sudah mengadopsi teknologi tersebut.

Salah satu fitur yang dipastikan akan hadir dalam DSRC adalah pengereman otomatis. Saat ini, 92 persen kendaraan Toyota dan Lexus di Amerika sudah memiliki fitur tersebut. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual