Toyota dan Hino Uji Bis Hidrogen

Berita Otomotif

Toyota dan Hino Uji Bis Hidrogen

TOKYO - Setelah mengenalkan mobil berbahan bakar hidrogen, Toyota maju selangkah lagi. Baru-baru ini Toyota mengetes bis bertenaga hidrogen.

Untuk membuat bis fuel cell, Toyota bekerjasama dengan saudara, Hino. 

Keseriusan keduanya bermula dari kesadaran kalau banyak orang di seluruh dunia menggunakan transportasi umum untuk beraktivitas. Dengan begitu, kebutuhan akan angkutan umum yang ramah lingkungan pun terhitung besar.

Hidrogen menjadi pilihan karena bahan bakar diesel dan bensin diyakini tidak terlalu ramah lingkungan. Sementara jaringan listrik belum tersedia secara massif.

Pada dasarnya, bis Toyota FC dikembangkan dari bus Hino hybrid dengan Toyota Fuel Cell System dari Mirai. Hasil pengolahan hidrogen di sistem itu mampu menghasilkan teknologi listrik yang berguna sebagai tenaga kendaraan.

Untuk permulaan, bis hidrogen akan diuji coba di Tokyo, Jepang pada 24-30 Juli 2015. Dengan uji coba ini, Toyota dan Hino berharap dapat mempercepat pengembangan teknologi bus hidrogen untuk segera membawanya ke pasar.

Uji lapangan ini akan membantu menentukan kepraktisan bis berbahan bakar hidrogen untuk digunakan dalam jaringan transportasi umum, serta mengevaluasi efektivitas sistem selama listrik padam karena bencana alam. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter   



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual