Habiskan Ratusan Juta Demi Modifikasi Kualitas Audio Toyota Calya

Berita Otomotif

Habiskan Ratusan Juta Demi Modifikasi Kualitas Audio Toyota Calya

JAKARTA - Bagi para penghobi modifikasi mobil, urusan biaya dalam hal mengubah tampilan kendaraannya kadang tidak jadi suatu masalah. Bahkan untuk mengubah mobil kelas Low Cost Green Car (LCGC) seperti Toyota Calya pun, uang yang digelontorkan sang pemilik tidak tanggung-tanggung.

Biaya modifikasinya pun diklaim jadi dua kali lipat dari harga asli Toyota Calya itu sendiri. Menarik mencari tahu, mengapa sang pemilik mau mengeluarkan banyak uang untuk memodifikasi Calya yang notabene masuk ke dalam mobil 'murah'.   

"Jadi tuh konsepnya full audio dengan bodykit wide dan gunakan velg berukuran 18 inch dari Linea Sport. Terus saya tambahkan Air Suspension beserta Roofbox Thule Montion Xt Alphine di bagian atap," ujar Irwan Nawawi, pemilik dari Toyota Calya yang ditemui di Indonesia Automotive Modification. 

Modifikasi Toyota Calya Konsep Bodi Melebar

Sejatinya, Toyota Calya merupakan mobil LCGC  dengan kapasitas penumpang hingga 7 orang. Tetapi di tangan modifikator ini, menjadi sebuah mobil dengan tampilan wide body dan full audio dari depan hingga belakang. Bahkan pintu mobil diubah hanya untuk meletakkan audio baik speaker maupun monitor berukuran 5 inch maupun 7 inch.

Dengan tampilan bumper depan begitu lebar dan grillenya pun diganti dengan motif jaring, sehingga kesan sporty tetap ada di Calya ini. Berpindah ke bodi samping terlihat cutting sticker begitu rapi dan pas dengan warna bodi yang putih. Di samping itu, fender bodi juga dibuat lebih wide untuk mengakomodir penggunaan airsus sekaligus velg berukuran 18 inch. 
Malah bentuk velgnya sendiri sangat mendukung sekali modifikasi mobil ini dengan tampilan motif bintang. 

Buat bagian belakang, pintu bagasi beserta lampu kombinasi juga dimodif ulang supaya tampilan tidak standar, malah mendukung konsep yang diusung oleh pemilik mobil. Selain itu, roofbox berwarna hitam juga membantu mobil ini sebagai mobil keluarga yang bisa dimodif dan bisa digunakan untuk jalan-jalan. 

Masuk ke interiornya, tidak terlihat lagi interior Toyota Calya seperti biasa ditemui. Melainkan semuan dilabur dengan kulit dari MB Tech, mulai dari atap mobil, jok kulit dengan bentuk sofa yang makin empuk dan dasbor pun dilapisi dengan kulit untuk mengakomodir speaker dan head unit pada dasbor. Bahkan baris kedua dan ketiga menghilang digantikan dengan tempat acrylic mini bar beserta tempat audio terpasang.

Apalagi bagian pintu penumpang baris kedua sudah hadir speaker dan monitor beserta laser dengan fogging yang terletak di dua pintu baris kedua dan bagian bagasi. "Jadi fogging asap ini bisa menyala otomatis selama 5-10 detik bahkan bisa dinyalakan melalui remote dari kejauhan," papar Irwan. 

Selain speaker beserta aksesoris lainnya di pintu mobil. Kali ini kosmetik pelengkap audio seperti acrylic, Lampu RGB dan Minibar mendukung sekali untuk adakan pesta atau menyalakan musik di parkiran bahkan saat kumpul dengan teman. Karena itu, audio yang digunakan pun tidak main-main untuk mobil ini bahkan untuk meletakkan semua audio di bagasi hampir memenuhi seluruh bagian mobil. 

Mulai dari Subwoofer dari Ground Zero 12 inci jumlahnya 2 buah hadir di mobil ini. Agar suara yang dihasilkan lebih baik, maka masuklah midbass dengan midrange yang ukurannya mulai dari 8 inch dan 6 inch, masing-masing berjumlah 8 buah dan 4 buah. Untuk power amplifier gunakan Monoblock Momentum MX5000 dua buah dengan tambahan power dari Ground Zero agar bisa mengejar sound quality lebih baik. Tidak lupa, monitor 5 inch dan 7 inch dengan total 9 buah. 

Buat bagian depan, ada 3-way speaker dari Foss Genetic. Selain itu, tweeter juga tersedia dengan produk sama dan total 6 buah untuk mendukung suara yang dihasilkan. 

Total Biaya Modifikasi Toyota Calya

Biaya untuk modifikasi mobil merupakan hal lumrah, apalagi ingin mengejar kualitas audio dan suara bagus. "Untuk modifikasi dengan full audio seperti itu saja sudah habiskan sampai Rp320 juta," ujar Irwan.

Dengan biaya sebesar itu, pastinya hasil suaranya dituntut harus sangat bagus sekali. Apalagi biayanya hampir bisa membeli dua unit Toyota Calya tipe G model terbaru. (AP)

---- Cari bahan Toyota Calya bekas untuk dimodifikasi, bisa cek di sini.

 




Berita Utama


Komentar